Peringati Hari Lahir Pancasila, Kapolres Ajak Tanamkan Nilai Pancasila Dalam Diri

Sabtu, 01 Jun 2019 15:30 WIT
Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto

TIMIKA | Upacara memperingati hari lahir Pancasila 1 Juni yang sedianya dilaksanakan di halaman Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika terpaksa di pindahkan ke lobi gedung A  Kantor Bupati Mimika, Papua,  Sabtu (1/6). 


Hal ini disebabkan hujan deras yang turun sejak semalam hingga pagi belum juga redah. 


Meski demikian tidak mengurangi semangat peserta upacara yang hadir baik TNI/Polri maupun PNS. Padahal upacara dilakukan di sela-sela penetapan libur dalam rangka hari raya Lebaran. 


Upacara memperingati hari lahir Pancasila ini di pimpin oleh Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto. 


Dalam sambutannya Kapolres mengatakan, semangat Pancasila harus ditanamkan pada diri setiap masyarakat Indonesia. 


"Kita harus menjadikan Pancasila sebagai falsafah hidup, sebagai urat nadi dalam hidup bernegara dan berbangsa yaitu bangsa Indonesia," ungkap Marlianto. 


"Pancasila menjadi alat pemersatu bangsa Indonesia, tanpa terkecuali semua warga Negara Indonesia harus memaknai isi dari Pancasila itu. Sehingga bisa menjaga persatuan dan menjunjung tinggi nilai Ketuhanan Yang Maha Esa," jelasnya. 


Ia juga menambahkan, sebagai orang beriman, setiap orang harus dapat memberikan manfaat baik kepada orang lain, walaupun berbeda suku,  agama dan budaya namun kita semua adalah satu.


"Semua permasalahan pasti ada solusinya, selesaikan permasalahan dengan baik, secara kekeluargaan, atau melalui hukum bukan dengan cara anarkis," tambahnya. 


"Indonesia bukan negara yang  dimana menyelesaikan masalah dengan menunjukan kekuatan fisik," tegas Kapolres. (Cr-2/SP)

Kategori:
Bagikan