BMKG Prediksi Cuaca Pagi Timika saat Lebaran Mendung

Sabtu, 01 Jun 2019 18:19 WIT
Prakirawan BMKG Timika, Sony Hartono.

TIMIKA | Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Timika memprediksi saat lebaran nanti, Rabu (5/6) cuaca di Timika pada pagi hari akan mendung. Hal ini dikatakan Prakirawan BMKG Timika, Sony Hartono. 

Menurut dia, sedangkan di siang hari cuaca cerah, dan sore hari akan turun hujan. Diprediksikan juga pada malam takbiran akan turun hujan.

"Tetapi itu adalah prakiraan sementara. Jika ingin mengetahui kepastiannya boleh di cek lagi pada H-1 lebaran nanti," kata Sony, di Timika, Sabtu (1/6).

Dijelaskan, memasuki Bulan Juni intensistas curah hujan dan kabut di Mimika akan meningkat.

Hal ini disebabkan karena Mimika adalah daerah yang tidak memiliki musim seperti kemarau dan panas. Tetapi merupakan daerah yang sepanjang tahun hanya memiliki musim penghujan saja.

Di tahun 2019 ini, musim penghujan terjadi di Bulan Juni, Juli dan Agustus.
 
"Intensitas hujan sendiri di Kota Timika kadang ringan, sedang, bahkan lebat dengan durasi yang cukup lama,"katanya.

Menurut Sony, intensitas awan/kabut yang tebal juga akan menutupi langit sampai beberapa hari kedepan, dan akan mengganggu penerbangan.

Selain itu, Sony juga aktifitas di laut selatan Arafuru akan mengalami gelombang yang tinggi dan angin kencang.

"Agar berhati-hati untuk pelayaran yang menggunakan kapal-kapal  kecil khususnya pelayaran Agast-Tmika atau Timika-Agast, gelombangnya mencapai 1-2,5 meter," tambahnya. (Cr-03/SP)

Kategori:
Bagikan