Polres Mimika Siapkan 250 Personel Amankan Pawai Malam Takbiran

Minggu, 02 Jun 2019 14:52 WIT
AKBP Agung Marlianto

TIMIKA | Dalam rangka pengamanan pawai malam takbiran, yang rencananya akan dilaksanakan pada Selasa (4/6) malam, Polres Mimika menyiapkan atau mensiagakan 250 personel.

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto mengatakan, berkaitan dengan pelaksanaan pawai malam takbir 1440 H, pihaknya sudah bertemu dengan Ketua PHBI Mimika. Pada pertemuan tersebut, pihaknya menyampaikan siap melakukan pengawalan dan pengamanan.

"Saat pertemuan, kami sudah imbau agar para malam takbir cukup menggunakan roda empat dan pawainya terstruktur," kata Kapolres di Polsek Kawasan Pelabuhan Pomako, Sabtu (1/6).

Kata dia, yang dimaksud terstruktur adalah semuanya dijadikan satu, yakni di Lapangan Timika Indah. Pihaknya juga akan mengikuti pelaksanaan pawai takbir tersebut bersama pihak lainnya, baik pemerintah daerah, Forkopimda, ormas, dan masyarakat muslim di Mimika.

"Untuk rute yang dilalui nanti tidak sampai masuk ke jalan-jalan arteri. Cukup di jalan protokol. Yang terpenting euforia kemenangan dalam menyambut perayaan Idul Fitri 1440 H tersampaikan," katanya.

Menyangkut jumlah personel yang akan disiagakan dalam pawai takbir keliling sebanyak 250 orang. Dimana para anggota ini akan disebar ke beberapa titik, guna mengamankan dan memperlancar pelaksanaan kegiatan.

"Kami siagakan 250 personel, namun itu melihat kondisi yang berkembang," ujarnya.

Kapolres menambahkan, intinya mari jadikan momentum ini untuk lebih mempererat kerukunan umat dan tali silaturahmi. 

Serta tunjukkan bahwa Mimika ini bisa dijadikan contoh bagi daerah lain, khususnya menyangkut kerukunan umat beragama.

"Timika ini memiliki keistimewaan, yakni kebersamaan dan toleransi umat beragama. Dan ini sudah sering ditunjukkan pada saat kegiatan agama. Dimana seperti nanti pelaksanaan takbir dan Salat Idul Fitri saudara nasrani yang melakukan pengawalan," tuturnya.

"Begitu sebaliknya disaat Paskah dan Natal, giliran saudara muslim sebaliknya yang melakukan pengamanan. Hal ini harus dipertahankan sampai kapanpun," ungkapnya.(mkr/SP)

Kategori:
Bagikan