Kapolres Himbau Takbir Keliling di Timika Tidak Gunakan Kendaraan Roda Dua

Senin, 03 Jun 2019 21:18 WIT
Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto

TIMIKA | Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto mengimbau kepada umat muslim yang akan mengikuti takbir keliling, pada Selasa (4/6) malam untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua. 

Apalagi kendaraan roda dua tersebut menggunakan knalpot racing. Hal ini tentunya akan mengurangi hikmat dari pawai takbir keliling tersebut.

"Kami imbau agar pawai takbir keliling besok malam tidak gunakan kendaraan roda dua," kata Agung, di Timika, Senin (3/6).

Untuk mengamankan pawai takbir keliling, Kepolisian Resor Mimika akan mengerahkan 250 personel kepolisian. 

Ratusan polisi itu akan disebar di titik-titik yang akan dilalui pawai takbir keliling. 

Menurut rencana, pawai takbir keliling itu akan mengambil rute dari Lapangan Timika Indah melewati Jalan Yos Sudarso, Hasanuddin, Budi Utomo, dan kembali ke Lapangan Timika Indah. 

"250 personel yang akan kami turunkan amankan takbir keliling," kata Agung. 

Selain pihak kepolisian, pengamanan pawai takbir keliling juga melibatkan pemuda dan pemudi dari agama lain. Mereka akan di koordinir oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Tentunya, dengan keterlibatan agama lain ini menunjukan bahwa toleransi umat bergama di Mimika sangat baik, dan patut menjadi contoh untuk daerah lain. 

"Toleransi umat beragama di Mimika ini sangat baik. Kalau Natal atau hari raya keagamaan lain, remaja masjid juga terlibat dalam pengamanan," ujar Agung. 

Pawai takbir keliling ini akan digelar oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Mimika. 

Sekretaris PHBI Mimika Roni Irnawan mengatakan, rencana pawai takbir keliling menyambut Idul Fitri setelah mendengarkan masukan dan saran dari Ormas Islam, pengurus DKM, dan para Mubaligh.

Sementara untuk pesertanya terdiri dari Pemda Mimika, PHBI, Ormas Islam, (Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), Kerukunan, Paguyuban, dan umat muslim lainnya.
 
"Terkait rencana tersebut, PHBI sudah melakukan koordinasi dengan Polres Mimika soal ijin dan dukungan pengamanan," kata Roni. 

Dalam pertemuan tersebut, kepolisian meminta agar PHBI mengimbau kepada umat muslim di Mimika yang akan mengikuti malam pawai takbir keliling untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua.

Apalagi, sepeda motor yang menggunakan knalpot racing. Karena bisa mengurangi esensi daripada pelaksanaan pawai takbir, menjelang perayaaan Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

“Imbauan ini untuk antisipasi, jangan sampai malam takbir keliling terganggu dengan adanya kendaraan roda dua, yang tidak tertib Lalulintas. Dan apabila ada pelanggaran, maka akan ada tindakan dari kepolisian,” tuturnya. (Ipa/Mkr/SP)

Kategori:
Bagikan