BMKG Prediksi Terjadi Hujan Pada Malam Takbiran

Selasa, 04 Jun 2019 15:39 WIT

TIMIKA | Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geografi (BMKG) Mimika, Papua memperkirakan pada malam takbiran akan turun hujan.


Selain itu, pada pelaksanaan salat Idul Fitri, mulai Pagi hingga siang juga terjadi hujan dengan intensitas rendah hingga sedang 


Prakirawan BMKG Mimika Perdana Reynaldy Agus Usior mengatakan, pada umumnya hampir diseluruh Indonesia pada bulan ini sedang dilanda hujan dengan intensitas ringan dan sedang.


Khusus di Timika sendiri memasuki Bulan Juni akan terus dilanda hujan dengan intensitas ringan dan sedang dengan durasi yang cukup lama.


"Diperkirakan pada malam Takbiran nanti akan diguyur hujan dengan intensitas ringan dan sedang sekitar 60-70 milimeter per hari dengan waktu yang cukup lama" sahut perdana, saat ditemui di kantornya, Selasa (4/6). 


"Sementara untuk besok pagi pada saat Idul Fitri dari pukul 7 pagi hingga pukul 11 siang, hujan ringan sampai sedang akan menguyur Timika. Sore cuaca akan cerah, namun malam kembali hujan," jelasnya.


Perdana mengatakan selama 32 tahun terpantau pada Bulan Juni rata-rata disetiap tahunnya curah hujan di Mimika mulai meningkat, yang puncaknya nanti mencapai 670 milimeter per hari pada Bulan Juli nanti.


Intensitas curah hujan baru akan turun ketika memasuki Bulan Agustus hingga November. 


Sementara untuk prakiraan cuaca wilayah pelayaran di Laut Arafuru Bagian Timur terpantau pada tanggal 4 Juni pukul 09.00 - 21.00 WIT peringatan gelombang tinggi mencapai 3 meter dengan kecepatan angin mencapai 25 kt.


Berikut Prakiraan BMKG khusus perairan wilayah Mimika, Agast dan Merauke :

1. Perairan Amamapare - Agast, terjadi hujan lokal dengan kecepatan angin 7-18 kt dari timur - tenggara dengan tinggi gelombang 0,75-2 meter.

2. Perairan Yos Sudarso, terjadi hujan ringan dengan kecepatan angin 8-25 kt dari timur - tenggara dengan tinggi gelombang 0,75-2 meter.

3. Perairan Merauke, terjadi hujan ringan dengan kecepatan angin 8-25 kt dari timur-tenggara dengan tinggi gelombang 0,5-1.25 meter.

4. Laut Arafuru Bagian Timur terjadi hujan ringan dengan kecepatan angin 10-25 kt dari timur-tenggara dengan ketinggian gelombang 1,5-3 meter. 
(Cr-03/SP)

Kategori:
Bagikan