Ratusan Kendaraan Mulai Padati Lapangan Timika Indah Ikuti Takbir Keliling

Selasa, 04 Jun 2019 21:18 WIT
Sejumlah kendaraan yang akan mengikuti pawai malam Takbiran di Lapangan Timika Indah. (Foto: Batt/SP)

TIMIKA | Lapangan Timika Indah mulai dipadati puluhan kendaraan roda empat dan enam yang akan mengikuti pawai malam Takbiran dalam rangka menyemarakkan hari kemenangan Idul Fitri 1440 Hijriyah/2019 Masehi. 


Malam takbiran adalah malam dimana seluruh alam semesta akan terdengar “Allahu Akbar” karena seluruh pelosot bumi mengumandangkan takbir, sungguh malam yang sangat istimewa. 


Malam takbiran hanya dapat dirayakan sekali dalam setahun yaitu di penghujung bulan suci ramadhan. 


Malam takbiran juga pertanda telah berakhirnya ibadah puasa dan telah tiba hari kemenangan yaitu hari Raya Idul Fitri. Hari yang sangat dinanti-nantikan oleh seluruh umat muslim di dunia.


Sekretaris Pengurus Hari-hari Besar Islam Kabupaten Mimika, Ronni Irnawan mengatakan, diperkirakan sebanyak 1000 orang yang akan mengikuti pawai malam Takbiran. 


"Kalau dilihat dari kendaraan roda empat sekitar 300 unit. Sementara untuk roda dua tidak dapat kami pastikan karena bisa saja terus bertambah," jelas Ronni, di Timika, Selasa (4/6) 


Ia menambahkan, rute perjalanan pawai malam Takbiran akan melewati jalan Budi Utomo menuju Supermarket Diana, kemudian memasuki jalan Cenderawasih hingga ke Gereja Katolik Tiga Raja, belok kanan memasuki Jalan Yos Sudarso hingga ke arah Timika Mall, kemudian masuk Jalan Hasanuddin kemudian belok kanan memasuki Jalan Budi Utomo kembali ke lapangan Timika Indah. 


Pawai malam Takbiran akan dilepas oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika bersama sejumlah Forkopimda. 


Sejumlah personil keamanan dan kesehatan juga disiagakan pada sejumlah titik untuk memastikan pawai Takbiran bisa berjalan dengan aman dan lancar. 


Panitia sebelumnya tidak merekomendasikan kepada umat muslim melaksanakan pawai Takbiran dengan menggunakan roda dua.  (Batt/SP)

Kategori:
Bagikan