Ribuan Umat Muslim di Timika Ikut Shalat Idul Fitri Terharu Mendengar Khotbah

Rabu, 05 Jun 2019 15:49 WIT
Ribuan umat muslim saat melaksanakan Shalat Ied di lapangan Timika Indah. (Foto: Batt/SP)

TIMIKA | Ribuan umat muslim di Kabupaten Mimika, Papua memadati lapangan Timika Indah untuk melaksanakan Shalat Idul Fitri 1440 Hijriyah / 2019 Masehi. 


Kepadatan ini mengakibatkan sebagain umat muslim melaksanakan shalat Idul Fitri  di sepanjang Jalan Belibis.  


Sekretaris Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Mimika, Ronni Irmawan mengatakan, PHBI memusatkan pelaksanaan Shalat Idul Fitri di Lapangan Timika Indah. Meski demikian, Shalat Idul Fitri  juga dilakukan di Masjid - masjid di seluruh Kabupaten Mimika.


"Kami memang memusatkan pelaksanaan Shalat Ied di sini (lapangan Timika Indah). Tapi kami juga mempersilahkan bagi masjid - masjid melaksanakan salat Id di tempat masing-masing," jelasnya. 


Kata Ronni, ada sekitar 60 imam tersebar mulai dari Kokonao, Distrik Mimika Barat hingga ke kota memimpin jalannya Shalat Ied.


"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak sekaligus memohon maaf apabila ada salah-salah selama pelaksanaan kegiatan mulai dari pawai takbir hingga pelaksanaan Shalat Ied. Biarlah di hari yang Fitrah ini kita diberikan ketulusan hati untuk saling mamaafkan, " tuturnya.

Sementara itu, imam dan khatib yang bertugas memimpin Salat Ied dan memberikan ceramah di Lapangan Timika Indah adalah  Ustad Burhan dan Abdurahman Akkase. 


Dalam ceramahnya Abdurahman Akkase mengajak umat muslim untuk memberikan penghormatan yang tinggi kepada orang tua. 


"Saudaraku, ingatlah bahwa orang tua merupakan berkah buat kita, seperti apa yang disampaikan Nabi Muhammad SAW," tuturnya.


Lanjut dia, orang tua memiliki peran yang sangat besar dalam kehidupan semua. Untuk itu,  sebagai anak wajib membalas semua kebaikan orang tua. 


"Jangan sebaliknya, kita menjadi durhaka karena tidak membalas kebaikan orang tua. Terkadang apa yang orang tua minta, tidak kita berikan, padahal sewaktu kecil apa yang kita minta, orang tua selalu berikan.  Apalagi air susu," ujarnya. 

Ribuan umat Muslim yang hadir melaksanakan shalat ied terlihat terharu mendengar khotbah yang disampaikan mengenai orang tua dan anak.


Pelaksanaan Shalat Ied di Timika pada umumnya berjalan aman dan lancar.  Sejumlah komunitas juga ikut membantu TNI/Polri mengamankan jalannya Shalat Idul Fitri baik di lapangan Timika Indah,  maupun di masjid - masjid.(Batt/SP)

Kategori:
Bagikan