Ratusan Umat GKI Marthen Luther Ikuti Ibadah Hari Pantekosta Kedua

Senin, 10 Jun 2019 18:11 WIT
Suasana ibadah jemaat GKI Marthen Luther Sempan Timika. (Foto: Yunita/SP)

TIMIKA | Ratusan umat GKI Marthen Luther Sempan, Timika, Papua mengikuti ibadah peringatan Hari Pantekosta Kedua. 


Peringatan Hari Pantekosta Kedua merupakan kebijakan pemerintah Provinsi Papua yang dimasukan dalam hari libur komulatif.


Dalam ibadah tersebut, pembawa Firman Tuhan adalah Pdt. Lona Sukan. Ia membawa renungan Firman Tuhan yang terambil dari Kitab Yehezkiel 37:1-14.


"Seperti yang kita tau, Allah mempunyai otoritas menyatakan Kuasa-Nya untuk menentukan sesorang apabila dipakai guna menyampaikan Kebenaran Firman Tuhan. Kepada yang dipilih, mendengar perintah untuk memberitakan kebenaran Injil, akan dikuasai Roh Tuhan untuk memberitakan Firman Tuhan," ungkapnya.


Lanjut Pdt. Lona bawah Roh Tuhan adalah roh yang bekerja dengan baik dan teratur yang akan memimpin orang yang dipilih dan dipanggil dalam bertindak dan berlaku baik sesuai dengan roh yang ada diberikan oleh Tuhan.


"Roh Kudus adalah Roh Tuhan yang keluar dari Sang Bapa, yang memimpin kepada kebenaran dan kebaikan" kata Lona Sukan.


Sementara itu, suasana ibadah Hari Pantekosta Kedua berbeda dengan ibadah-ibadah biasanya. Ibadah kali terlihat meriah karena setiap jemaat  menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah. 


Selain itu, ibadah kali ini juga menggabungkan bahasa dari berbagai daerah antara lain, Batak, Serui, Biak, dan Toraja dalam menyanyikan puji-pujian bagi Tuhan.


Hal itu dimaksudkan untuk mempererat perbedaan satu sama lain dan mempersatukan umatnya lewat keanekaragaman suku, adat, dan budaya di dalam Tuhan.


"Adat dan budaya boleh beda tapi di dalam Tuhan adalah kekayaan yang mempersatukan anak-anak Tuhan sehingga kuat dan setia bersaksi bagi nama-Nya" sahut Lona Sukan.


"Kiranya dengan pencurahan Roh Kudus umat semakin bertumbuh imannya kepada Allah sesuai tema tadi Roh Kudus memperbaharui untuk bertindak dengan benar" tutupnya (Cr-03/SP)

Kategori:
Bagikan
Berita terkait