POBSI Mimika Bahas Persiapan Muskab

Senin, 10 Jun 2019 23:14 WIT
Suasana pertemuan bahas persiapan Muskab POBSI Mimika. (Foto: Hadija/SP)

TIMIKA | Pengurus Kabupaten Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (Pengkab POBSI) Mimika, Papua, pada 20 Juni 2019 mendatang akan menggelar Musyawarah Kabupaten (Muskab) untuk membentuk kepengurusan baru, periode 2019-2024.

 

Terkait hal itu, panitia Muskab menggelar pertemuan bersama pemilik rumah Biliar, para atlet Biliar, anggota POBSI, pemerkasa, wasit-wasit yang pernah pemimpin kejuaraan nasional, serta pemerhati Biliar yang ada di Kabupaten Mimika. 

 

Pertemuan yang berlangsung di salah satu hotel di Jalan Cenderawasih, pada Senin (10/6) dipimpin Karetaker Ketua POBSI Mimika, Frits Hambore. 

 

Kata Frits, pertemuan ini digelar untuk memberikan saran kepada panitia Muskab terkait pemilihan kepengurusan nantinya. 

 

"Mereka semua ini diundang untuk bagaimana memberi saran kepada panitia, untuk nantinya pemilihan Ketua POBSI dan anggota untuk Muskab nanti," tutur Frits.

 

Sementara terkait dirinya sebagai Karetaker Ketua POBSI, menurut Frits, hanya untuk menjalankan mekanisme bagaimana caranya agar Muskab ini dapat berjalan dengan baik. 

 

"Siapa yang nantinya akan menjalankan tugas itu, saya harus tunjuk ketua, sekretaris dan anggota-anggotanya untuk Muskab ini, sehingga dilakukanlah pertemuan hari ini," ungkapnya.

 

Frits menambahkan, pentingnya keabsahan kepengurusan Muskab agar diakui bila ada kepengurusan POBSI yang baru nantinya. 

 

"Berkaca dari pengalaman sebelumnya waktu di Kejurnas Merauke hampir ditolak karena tidak adanya kepengurusan dalam hal ini panitia," jelasnya.

 

Diberitakan sebelumnya, Ketua Panitia Muskab POBSI, Ledrik Pattikayhatu menjelaskan, berdasarkan SK dari Pengurus POBSI Kabupaten Mimika nomor : 01/POBSI-MMK/V/2019, tertanggal 20 Mei 2019, dirinya ditunjuk sebagai  ketua panitia pelaksana Muskab bersama Agus Salim Nuhuyanan sebagai sekretaris dan Temanggode selaku anggota panitia.

 

Kata dia, panitia diberi waktu oleh pengurus untuk melaksanakan Muskab paling lambat satu bulan sejak SK tersebut diterbitkan. 

 

"Jadi kalau kita hitung sejak tanggal SK, maka akan dilakukan pada 20 Juni 2019 mendatang. Muskab ini akan dihadiri langsung oleh Ketua Pengurus POBSI Provinsi Papua, yang sekaligus akan melantik kepengurusan baru POBSI Mimika,” kata Ledrik, di Timika, Senin (27/5) lalu.

 

Ledrik menjelaskan, pelaksanaan Muskab ini merupakan perintah dari Pengprov POBSI Papua, yang dikarenakan masa kepengurusan POBSI Mimika telah berakhir pada 2015 lalu. Sehingga didesak untuk segera memilih dan membentuk kepengurusan yang baru.

 

“Karena masa kepengurusan POBSI Mimika sudah berakhir 2015 lalu, maka Pengprov mengeluarkan SK Mandat sebagai karetaker kepada Frits Hombore. Yang tugasnya adalah segera melaksanakan Muskab, terhitung enam bulan setelah keluarnya Surat mandat tersebut,” terangnya.

 

Ia menambahkan, sehubungan dengan Muskab POBSI Mimika pada 20 Juni 2019 tersebut, panitia memberikan kesempatan dan peluang kepada siapa saja untuk berhak mencalonkan diri sebagai Ketua POBSI Mimika periode 2019-2024.

 

“Kami membuka peluang kepada siapa saja untuk mencalonkan diri menjadi Ketua POBSI Mimika. Kami tidak cari orang pintar dan hebat, yang penting figur ketua bisa menjadi pemimpin yang bijaksana, mempunyai komitmen dan mampu mengemban tugas yang selalu berkoordinasi dengan segenap pengurus dalam pembinaan atlet Biliar di Timika,” ujarnya.

 

Diakui Ledrik, meski dengan dana yang terbatas, bahkan dari hasil swadaya panitia dan atlet Biliar, dirinya optimis Muskab dapat berjalan lancar dan sukses serta melahirkan pengurus yang kapabel. 

 

“Kami sangat optimis, Muskab nanti bisa melahirkan ketua baru. Dan kepengurusan POBSI Mimika bisa mensukseskan pelaksanaan PON XX tahun 2020 mendatang. Serta fokus kepada pembinaan atlet-atlet muda dari Mimika,” tuturnya.

 

Perlu diketahui, Pengprov POBSI Papua mengeluarkan Surat Mandat kepada Frits Hombore selaku karetaker POBSI Mimika dengan Nomor : 31/POBSI-PAPUA/IV/2019 tertanggal 29 April 2019 dengan tugas antara lain : Pertama, melaksanakan tugas sebagai Ketua Pengkab POBSI Mimika sehubungan dengan telah habisnya masa kepengurusan Pengkab POBSI Mimika.

 

Kedua, Berkoordinasi dengan KONI Mimika untuk melaksanakan Musyawarah Kabupaten (Muskab) POBSI Mimika sesuai AD/ART selambat lambatnya enam bulan setelah Surat Mandat diterima. 

 

Ketiga, selesai melaksanakan tugas segera melapor ke Ketua Pengprov POBSI Papua dan keempat, Surat Mandat mulai berlaku sejak ditandatangani. (Cr-2/SP)

Kategori:
Bagikan