Tanaman Ganja Tumbuh Subur Ditemukan TNI di Wilayah Perbatasan RI-PNG

Tanaman Ganja Tumbuh Subur Ditemukan TNI di Wilayah Perbatasan RI-PNG
Ladang ganja yang ditemukan TNi di Perbatasan RI-PNG. (Foto: Ist)

TIMIKA | Prajurit Satgas Pamtas Yonif 126/KC menemukan ladang ganja di wilayah perbatasan RI-PNG ketika melaksanakan Patroli keamanan sekitar 3 km dari Kampung Banda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Senin (10/06).

 

Ladang ganja ini ditemukan prajurit Satgas Pamtas Yonif 126/KC Pos Waris yang dipimpin Komandan Pos Lettu Inf Dewangkoro beserta 10 orang personel ketika melaksanakan patroli keamanan ke wilayah perbatasan.

 

Patroli bertujuan untuk menjaga keamanan di wilayah perbatasan dan mengantisipasi peredaran narkoba, terutama jenis ganja yang selama ini peredarannya banyak dari wilayah perbatasan RI-PNG.

 

Pada saat memasuki kawasan hutan dengan menyusuri sungai kurang lebih satu km dari batas RI-PNG, prajurit Satgas Pamtas Yonif 126/KC menemukan ladang ganja seluas kurang lebih 20×20 meter.

 

Tanaman ganja yang tumbuh subur sudah mencapai tinggi sekitar 100 cm. Sayangnya pemilik ladang ganja tersebut tidak sedang berada di tempat saat dilakukan pencarian. 

 

Penemuan ladang ganja oleh prajurit TNI kemudian dilaporkan kepada Komandan Satgas Pamtas Yonif 126/KC Letkol Inf Mulyo Junaidi, selanjutnya berkoordinasi dengan pihak kepolisian, Koramil dan kepala kampung.

 

"Setelah dilaksanakan koordinasi, kemudian tanaman ganja tersebut dicabut dan barang bukti diamankan kemudian dilaporkan  ke Komando atas," kata Letkol Mulyo Junaidi. 

 

Letkol Mulyo mengatakan, untuk mengantisipasi dan mencegah peredaran narkoba jenis ganja di daerah perbatasan, pihaknya memang telah mengintensifkan sweeping dan patroli keamanan wilayah. 

 

“Penemuan ladang ganja ini merupakan pengembangan hasil sweeping dan penangkapan dua kali oknum masyarakat yang membawa ganja beberapa hari yang lalu di wilayah perbatasan," jelas Mulyo. (rum/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *