Di Timika, Pasca Lebaran Sejumlah Bahan Pokok Mulai Turun Harga

Selasa, 11 Jun 2019 18:21 WIT
Sejumlah bahan pokok yang dijual di Pasar Sentral Timika. (Foto: Yunita/SP)

TIMIKA | Pasca Idul Fitri 1440 Hijriah, sejumlah harga bahan pokok seperti bumbu masakan yang dijual di Pasar Sentral Timika mulai turun. 

Pantauan Seputarpapua.com, Selasa (11/6), sejumlah bahan pokok yang harganya mulai turun, yakni bawang merah, bawang putih dan cabai.

Aldi, salah satu pedagang di Pasar Sentral mengatakan, bawang merah, bawang putih dan cabai mengalami penurunan harga karena banyak pasokan setelah lebaran.

"Bawang merah dan bawang putih Rp60 ribu perkilo, cabe rawit Rp50 ribu sampai Rp 60 ribu perkilo, cabai keriting dan cabai besar Rp70 ribu1 perkilo," jelasAldi.

Namun disisi lain harga tomat saat ini mengalami kenaikan yang sangat signifikan dari harga normal Rp25 ribu sampai Rp30 ribu, meningkat naik menjadi Rp45.000 perkilo.

Kenaikan harga tomat terjadi karena beberpa hari terakhir kurang pasokan dari petani. "Beberapa minggu ini sering terjadi hujan jadi kita kuatir gagal panen. Jadi harapan kita hanya menunggu pasokan dari luar jika kapal masuk," katanya.

Turunnya harga bawang dan cabai rupanya tidak menjadi kabar gembira bagi warga, karena masih masih berada dikisaran Rp60 ribuan.

Desi, salah satu pedagang sayur keliling kepada Seputarpapua.com, Senin mengatakan,  harga sejumlah bahan pokok yang dijualnya masih relatif mahal.

"Kita berharap habis lebaran harga bahan-bahan pokok itu turun, toh juga masih mahal meskipun tidak semahal waktu lebaran kemarin" ujarnya, (Cr-03/SP)

Kategori:
Bagikan