Rocky Pattinama Pendaftar Pertama Bakal Calon Ketua POBSI Mimika

Selasa, 11 Jun 2019 18:47 WIT
Rocky Pattinama (Kanan) menyerahkan berkas pendaftaran diterima Ketua Muskab POBSI Mimika Ledrik Pattikayhatu, Selasa (11/6).

TIMIKA | Panitia Musyawarah Kabupaten (Muskab) Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Kabupaten Mimika telah membuka pendaftaran bakal calon ketua periode 2019-2023.

Atlet biliar yang pernah mewakili Mimika hingga ke tingkat nasional, Rocky Pattinama, menjadi pendaftar pertama dan telah menyerahkan berkas pendaftaran kepada Panitia Muskab POBSI Mimika, Selasa (11/6).

Pebiliar Rocky Pattinama mencalonkan diri setelah mengantongi 4 dukungan atau mandat dari 8 club maupun rumah biliar di Mimika, meskipun panitia Muskab hanya mensyaratkan minimal tiga dukungan club.

Adapun 4 dukungan itu diberikan Rumah Billiard Timika Indah, Club Papua Mandiri, Amungme Billiard Club, dan One Week Billiard Club. Mereka yang berhak memberikan mandat jika telah bertanding tingkat kabupaten maupun di luar daerah dan terdaftar di POBSI Mimika.

Pendaftaran bakal calon ketua POBSI Mimika dibuka hingga 15 Juni kemudian dilakukan proses verifikasi. Muskab dan pemilihan calon ketua akan dilaksanakan pada 20 Juni mendatang. 

Ketua Muskab POBSI Mimika Ledrik Pattikayhatu mengatakan, mengingat hanya ada 8 club dan rumah biliar di Mimika, maka tinggal menyisahkan 4 dukungan untuk satu bakal calon ketua. 

"Syarat intinya minimal mendapat dukungan atau mandat dari 3 rumah biliar, maka itu sudah memenuhi salah satu syarat penting. Kita akan verifikasi semua berkas yang telah diserahkan," kata Ledrik.

Pada pelaksanaan Muskab, calon ketua wajib memaparkan visi dan misi yang kemudian diserahkan secara tertulis. Sekjen POBSI pusat juga menganjurkan calon ketua melampirkan pakta integritas untuk bersedia mundur bilamana tidak bertanggungjawab di kemudian hari.  

"Bilamana pakta integritas itu dilanggar, maka secara otomatis komitmen tersebut akan ditindak lanjuti dengan musyawarah luarbiasa terkait penggantian kepemimpinan," kata Ladrik. 

Selanjutnya, pada Muskab dan pemilihan ketua nanti masing-masing club/rumah biliar berhak memberikan 2 suara, ditambah 2 suara dari pemerhati biliar, mereka adalah para senior atau mantan pengurus dan ketua POBSI Mimika. 

Sekretaris Panitia Muskab POBSI Mimika Agus Salim Nuhuyanan menambahkan, biliar adalah salah satu cabang olahraga  yang berprestasi di Mimika, dimana sudah pernah mendapat peringkat juara umum Papua bahkan lisen nasional.

"Kemudian salah satu atlet biliar yang akan ikut PON mewakili Papua berasal dari Mimika. Ini yang perlu diperhatikan agar biliar ke depan diharapkan bisa lebih baik. Perlu mendapat perhatian positif dari pemerintah daerah," harap Agus. 

Kepengurusan yang Bersih

Rocky Pattinama mengatakan, dirinya mengajukan pencalonan sebagai ketua POBSI dengan semangat membangun kepengurusan yang jujur, bersih, dan bertanggung jawab untuk kemajuan biliar di Mimika.

"Oleh karena itu, saya selaku atlet biliar jika terpilih maka ke depan pengurus kita harus terbuka dalam semua hal, program pebinaan seperti wasit maupun atlet harus berjalan sehingga regenerasi atlet biliar tidak habis," katanya.

Bila terpilih, Ia juga akan membuat sebuah kejuaraan besar sebelum PON 2020, sebagai ajang internasional open sekaligus memperkenalkan kesiapan atlet dan Mimika sebagai tuan rumah cabang olahraga biliar. 

"Sehingga semua orang tahu bagaimana perkembangan biliar di Mimika apabila nanti menjadi tuan rumah PON," ujar dia. 

Terkait pakta integritas, Rocky memastikan telah berkomitmen bukan hanya terhadap pibadinya, tetapi juga semua pengurus cabang olahraga tersebut harus menyatakan komitmen yang sama. 

"Jadi bukan saja saya selaku ketua apabila terpilih, tetapi juga semua pengurus harus bertanggung jawab di masing-masing tugas. Ada yang kerja tidak benar, saya rasa bisa berikan kesempatan kepada yang lain," pungkasnya. (rum/SP)

Kategori:
Bagikan