STIE Jambatan Bulan Latih Ketua-ketua RT Kelola Keuangan

Jumat, 14 Jun 2019 18:13 WIT
Suasana pelatihan dan sosialisasi di Kelurahan Kwamki. (Foto: Yunita/SP)

TIMIKA |  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ( STIE) Jambatan Bulan memberikan pelatihan pengelolaan keuangan dan sosialisasi mengenai pentingnya kesehatan kepada masyarakat dan ketua-ketua rukun tetangga di Kelurahan Kwamki Baru, Timika Papua.

Pelatihan yang dilakukan di Kantor Kelurahan Kwamki, Jumat (14/6) sebagai bentuk kontribusi STIE Jambatan Bulan kepada masyarakat di masa Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Ketua KKN Posko IV Bethsim Saridol Langoday mengatakan, pelatihan pengelolaan keuangan diberikan agar masyarakat, khususnya ketua-ketua RT memahami pentingnya sistem keuangan, pajak dan kesehatan bagi kehidupan bermasyarakat.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat membantu masyarakat dalam mengedukasikan bagaimana cara mengelolah keuangan, belajar untuk taat pajak dan peduli terhadap kesehatan baik diri maupun lingkungan,"katanya.

Dalam pelatihan tersebut pemateri berasal dari 
 STIE Jambatan Bulan, kecuali mengenai kesehatan dari Puskesmas.

Menurut Bethsim kebanyakan warga yang tinggal di Kelurahan Kwamki memiliki kendaraan dan usaha, namun banyak yang belum taat aturan. Seperti memiliki kendaraan tetapi tidak membayar pajak, ada juga yang punya usaha baik kios, petakan, dan juga CV tetapi belum taat pada aturan yang berlaku.

"Dengan adanya sosialisasi seperti ini, maka apa yang menjadi kendala selama ini dapat dishering di sini dan sama-sama membuka pikiran untuk menjadi masyarakat yang smart" ujarnya.

Mengenai kesehatan, ia berharap masyarakat lebih peka terhadap kebersihan lingkungan, agar bebas dari penyakit, seperti Demam Berdarah (DBD) yang terjadi baru-baru ini. (Cr-03/SP)

Kategori:
Bagikan