PON XX di Papua, KONI Sumbar Hanya Ikuti 27 Cabor

Minggu, 16 Jun 2019 15:42 WIT

AGAM | Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Barat, hanya akan mengutus cabang olahraga (cabor) yang telah berprestasi di tingkat nasional pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua 2020.

"Salah satu indikator adalah prestasi pada PON sebelumnya," kata Ketua KONI Sumbar Syaiful saat rapat anggota KONI Agam 2019 di Agam, Sabtu (16/6).

Kata dia, hal itu dilakukan karena dana yang digunakan untuk pelaksanaan itu berasal dari uang negara, sehingga pertanggungjawaban sangat berat.

Sementara anggaran yang akan digunakan untuk setiap cabor cukup besar.

"Apabila kita mengutus seluruh cabang olahraga, maka tidak akan berguna dan menghabiskan biaya cukup besar," tambahnya.

Menurut dia, KONI Sumbar akan mengutus 27 dari 47 cabor yang akan mengikuti PON. Ke 27 cabor itu menyumbangkan medali saat PON di Jawa Barat.

Sedangkan 20 cabang olahraga lainnya tidak menyumbangkan medali.

"Kita berharap KONI kabupaten dan kota untuk mengutus cabang yang memiliki prestasi saat Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Pasaman Barat pada 2020," katanya.

Sementara itu, Ketua KONI Agam, Zarfinus Makmur mengatakan tidak akan mengutus cabor yang belum memiliki prestasi saat Porprov nanti.

"Ini komitmen kami saat pelaksanaan Porprov di Pasaman Barat nanti," katanya.

Porprov di Padang Pariaman pada 2018, tambahnya, 25 dari 32 cabor di daerah itu meraih medali saat Porprov di Padang Pariaman.

Sedangkan tujuh cabor lainnya belum meraih medali.

Rapat anggota ini diikuti 70 peserta dari pengurus KONI, cabang olahraga dan lainnya.

Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam, Agusnadi berharap rapat anggota ini akan melahirkan agenda baru dan inovasi dalam memajukan olahraga di Agam, sehingga prestasi daerah itu saat Porprov nanti akan meningkat.

"Ini tugas berat dari KONI bagaimana bisa mempertahankan perolehan medali pada Porprov," katanya.(Antara/SP)

Kategori:
Bagikan