13 UPZ Belum Laporkan Hasil Penerimaan Zakat ke Baznas Mimika

Minggu, 16 Jun 2019 17:25 WIT
Ketua Baznas Mimika, Umar Habib.

TIMIKA | Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Mimika, telah mengumpulkan zakat pada Ramadhan 1440 Hijriah/ 2019 sebanyak Rp953 juta. 

Jumlah tersebut berasal dari zakat fitrah, zakat mall, infaq dan sodaqoh (sedakah).

Ketua Baznas Kabupaten Mimika Umar Habib mengatakan, Rp953 juta merupakan data sementara, karena dari 54 Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) masih terdapat 13 UPZ belum melaporkan ke Baznas.

13 UPZ itu masih diberikan waktu hingga hari ini Minggu (16/6) malam. 

"Data sampai saat ini masih ada 13 UPZ lagi yang belum laporan. Kita masih tunggu sampai hari ini minggu sampai malam nanti. Apabila sudah tidak ada lagi yang melapor berarti akan kita tutup," tutur Umar saat dihubungi seputarpapua.com via telpon seluler, Minggu (16/6).

Dari Rp953 juta, Rp500 juta diantaranya merupakan zakat fitra yang telah selesai di salurkan. 

Sementara sisanya sebesar Rp453 juta itu merupakan zakat mall, infaq dan sodaqoh.

Untuk penyalurannya Umar mengatakan, akan di gunakan untuk delapan asnaf. 

Delapan asnaf tersebut di bagi dalam program Baznas diantaranya, Mimika cerdas (beasiswa), Mimika sehat (bantuan berobat), Mimika sejahtera (bantuan modal usaha), Mimika beriman (bantuan guru mengaji dan lain-lain), serta Mimika peduli atau Mimika tanggap bencana.

"Penggunaannya untuk delapan asnaf fakir, miskin, amil, mualaf, membebaskan budak, yang berhutang, orang yang berjuang di jalan Allah, dan orang yang dalam perjalanan," imbuh Umar. (Cr-2/SP)

Kategori:
Bagikan