Buka Raker Kepala Kampung, Ini Pesan Bupati Asmat 

Minggu, 16 Jun 2019 19:28 WIT
Bupati Asmat Elisa Kambu mengenakan tanda peserta kepada perwakilan kepala kampung. (Foto: Humas Asmat/SP)

ASMAT | Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung (DPMK) Kabupaten Asmat menggelar Rapat Kerja kepala kampung se-Kabupaten Asmat di Gedung Wiyata Mandala Agats. 

Rapat kerja para kepala kampung itu dibuka Bupati Asmat Elisa Kambu. Acara pembukaan dihadiri Kepala DPMK Absalom Amiyaram, para kepala OPD, unsur TNI-Polri dan 224 kepala kampung.

Bupati Asmat, Elisa Kambu mengatakan rapat kerja kepala kampung merupakan sarana untuk meningkatkan kapasitas aparatur kampung sekaligus mengevaluasi berbagai kegiatan pembangunan yang dilaksanakan di tingkat kampung. 

Dikatakan juga raker tersebut merupakan media untuk memberikan informasi kepada aparatur kampung (kepala kampung, sekretaris, bendahara dan bamuskam) tentang berbagai program/kegiatan dan kebijakan yang digulirkan ke kampung.

“Melalui raker, pemerintah daerah juga memberikan pembekalan kepada para kepala kampung dalam rangka mengoptimalkan tugas dan tanggung jawabnya. Untuk itu nantinya kepala kampung dan jajarannya harus proaktif mendorong pelaksanaan berbagai program,” kata Elisa, Sabtu (14/6).

Pada kesempat itu, Bupati Elisa mengingatkan bahwa aparatur kampung tidak hanya bertugas mengurus dana desa. 

Kepala kampung dan jajarannya harus bertanggungjawab untuk menyukseskan seluruh program pemerintah.

“Seluruh program yang menyangkut ekonomi, pendidikan, kesehatan dan infrastruktur harus disukseskan bersama-sama. Aparatur kampung juga harus bisa mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan,” ujarnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Asmat itu juga mengingatkan agar seluruh stakeholder di kampung dapat bekerja sama dalam rangka mengoptimalkan kegiatan pembangunan di kampung.

“Ada berbagai program yang kita gulirkan seperti 1000 HPK, Bangga Papua, PMTAS dan sebagainya. Perlu diperhatikan juga, pemerintah kampung wajib menggalakkan kegiatan Posyandu dengan merekrut lima kader dari kampung, sehingga pelayanan kesehatan terus membaik,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Raker Kepala Kampung se-Kabupaten Asmat, Paulus Cuarap mengatakan rapat kerja para kepala kampung tersebut dilaksanakan kurang lebih selama sepekan.

“Tujuan raker ini untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia aparatur kampung, terutama kepala kampung agar mampu menyelenggarakan pemerintahan yang baik dan benar,” kata Paulus. (NT/SP)

Kategori:
Bagikan