Dinkes Mimika akan Bangun Maldes Hadapi PON XX Papua

Senin, 17 Jun 2019 17:13 WIT
Reynold Ubra (Foto: Hadija/SP)

TIMIKA | Dinas Kabupaten (Dinkes) Kabupaten Mimika akan membangun Pos Malaria Desa (Maldes) untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX Papua di Timika.

"Kami sudah punya data khusus di dalam kota dan kampung-kampung mana yang Annual Parasite Incidence (API) kasus malarianya tinggi per 1000 penduduk. Itu akan menjadi sentimel atau gardu, sehingga kami akan memasang pos Maldes," tutur Sekretaris Dinkes Mimika, Reynold Ubra saat di temui di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Senin (17/6) 

Reynold juga menjelaskan bahwa pos Maldes ini bukan fungsinya hanya untuk isu-isu malaria saja tetapi juga untuk isu sanitasi, gizi dan penyakit menular.

"Semua akan terpadu di situ," katanya.

Selanjutnya Dinkes akan berkoordinasi dengan Dinas Pemudah dan Olahraga untuk memastikan di mana saja venue-venue dan lokasi atlet tinggal. 

"Sehingga itu akan menjadi sentinel bagi kami dan akan dipantau terus mulai bulan Oktober mendatang," imbuh Reynold

Menurutnya paling tidak satu tahun sebelum pelaksanaan PON ke XX, pihaknya sudah melakukan pembersihan.

Reynold juga menyampaikan bahwa sudah terjadi penurunan kasus malaria  dari 400 kasus malaria per 1000 penduduk per tahun. Di tahun 2016 lalu sudah turun menjadi 200.

"Target kami di tahun 2019 ini paling tidak harus mencuckupi 75 permil per 1000 penduduk,"tuturnya.

Kata Reynold bahwa pihaknya mencoba untuk memperbaiki memperbaiki sistem tata laksana malaria di Puskemas atau di rumah sakit.

Ia mengapresiasi semua pihak yang terlibat dan beperan menanggulangi malaria di Mimika.
"Seperti pada pihak PT Freeport Indonesia melalui Community Healty Development, ipublik malaria control dan kader-kader kampung yang telah aktif bertugas," tutur Reynold. (Cr-2/SP)

Kategori:
Bagikan