Pelaku Curanmor di Timika Ternyata Spesialis Jenis Motor Tertentu

Senin, 17 Jun 2019 18:09 WIT
Pres release pengungkapan kasus di Polsek Kuala Kencana. (Foto: sevianto/SP)

TIMIKA | Kepolisian Sektor Kuala Kencana, Mimika, mengungkap pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) yang telah beraksi di enam lokasi sejak April hingga Juni 2019.

Sejauh ini polisi telah meringkus dua orang tersangka, masing-masing berinisial JPK alias Joko alias Yomber (22) dan FM alias Ringki (22), kedua merupakan warga distrik Kwamki Narama (Kwamki Lama).

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto dalam press release, Senin (17/6), mengatakan kedua tersangka beraksi dengan modus mematahkan kunci stang lalu menghidupkan mesin motor dalam waktu sangat cepat.

Menariknya, seluruh sasaran pencurian oleh kedua tersangka merupakan sepeda motor jenis Yamaha Mio. Terbukti, dari enam lokasi pencurian beserta enam barang bukti motor, seluruhnya Yamaha Mio. 

"Mungkin kita bisa berikan masukan kepada perusahaan Yamaha, karena ini targetnya secara keseluruhan adalah Yamaha Mio. Jenis motor ini punya karakteristik yang sepertinya mudah (dicuri) oleh para pelaku," kata Marlianto.

Di hadapan Kapolres dan awak media, kedua tersangka diminta memperagakan bagaimana mereka beraksi dan membawa kabur motor dalam waktu sangat singkat, bahkan bisa kurang dari satu menit saja. 

"Ini (motor) dalam posisi terkunci. Kunci stang itu dipatahkan kemudian dibagian dalamnya diambil kabel merah dan biru, disatukan, lalu ditekan tombol start, mesin motor hidup lalu dibawa kabur," ujar Marlianto.

Ketika beraksi, kedua tersangka memang hanya mengincar sepeda motor Yamaha Mio. Mereka berboncengan mencari target.  Dalam situasi lengah, mereka kemudian beraksi dengan sangat cepat. 

"Pelaku dengan cara mematahkan (stang) kemudian menyambung kabel. Salah satu yang di belakang (dibonceng) membawa kabur kendaraan dan diikuti oleh joki dari komplotan tersebut," ungkap Marlianto

Adapun sepeda hasil kejahatan tersebut, yaitu Yamaha Mio 125 warna hitam benomor polisi DS 3293 MD, Yamaha Mio 125 warna hijau PA 4643 MO, Yamaha Mio DS 4255 MM, Yamaha Mio Z PA 4393 MR, Yamaha Mio 125 warna hitam PA 2161 HT. 

Tersangka menggasak sejumlah sepeda motor tersebut di kawasan perumahan karyawan dan tempat perbelanjaan di Kuala Kencana.

"Hasil curian ada sebagian yang sudah dipindahtangankan (dijual) dengan harga rata-rata diatas Rp2 juta," ungkap Kapolres Marlianto, didampingi Kapolsek Kuala Kencana Iptu Yulius Harikatang dan Danramil Kuala Kencana Kapten Inf Munir. (rum/SP)

Kategori:
Bagikan