Buka Tes Seleksi CPNS Mimika, Sekda: Ada Dua Komptensi yang Dinilai

Rabu, 19 Jun 2019 19:23 WIT
Plt Sekda Mimika Marthen Paiding menyerahkan pin akses kepada dua perwakilan peserta. (Foto: Hadijah/SP)

TIMIKA | Plt Sekda Mimika Marten Paiding membuka tes selekasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 di Aula SMP Negeri 2 Mimika. Seleksi tes CPNS dilakukan menggunakan sistem Computer Asisten Test (CAT) 

"Sehingga kelulusan tidak lagi ditentukan oleh kepala daerah atau pejabat daerah lainnya tetapi merupakan hasil jerih payah peserta sendiri lewat ujian sistem CAT yang diikuti," tutur Marthen saat memberikan sambutan mewakili Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Rabu (19/6) 

Ia juga menyampaikan bahwa pelaksanaan tes hari ini  merupakan tahapan terpenting yang menentukan langkah peserta untuk mewujudkan keinginan menjadi seorang abdi negara. 

"Saya berharap peserta tetap fokus dan tenang dalam mengerjakan soal jangan terburu-buru dalam menjawab, bacalah soal dengan sebaik-baiknya dan jangan lupa sesuatu yang sangat penting yaitu tetap andalkan tuhan," pesannya kepada peserta sebelum pelaksaan tes.

Kata Sekda,  ada dua kompetensi yang nantinya akan dinilai, yaitu seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bagi peserta seleksi CPNS kuota 2018 yang baru berlangsung di tahun 2019.

Tes CPNS hari pertama ini dilakukan dua gelombang. Ada empat ruangan yang telah disiapkan untuk peserta CPNS. Satu ruangan diisi masing-masing 30 peserta, sehingga jumlah peserta yang akan melakukan tes untuk hari pertama berjumlah 240 orang. 

Sementara untuk hari kedua hingga seterusnya sampai pada hari ke-enam tidak lagi dalam satu hari dilakukan 2 gelombang melainkan 4 gelombang dalam sehari. Dengan jumlah peserta 30 orang. 

Disampaikan juga oleh kepala BPSDM Mimika Paskalis Kirwelakubun bahwa ada perubahan jumlah peserta yang lolos pemberkasan. Perubahan tersebut dikatakan Paskalis hanya kesalahan informasi saja.

"Untuk jumlah peserta yang lolos pemberkasan dan akan mengikuti tes CPNS itu bukan 2.446 melainkan 2.455 orang dan ini sudah data fixnya," ungkap Paskalis

Dalam acara pembukaan seleksi CPNS formasi 2018 ini juga sekaligus dengan pemberian simbolis Pin akses untuk peserta tes CPNS yang serahkan oleh Plt Sekda Mimika dan Ketua DPRD Mimika kepada dua orang perwakilan peserta seleksi CPNS. (Cr-2/SP)

Kategori:
Bagikan