Warga Asmat Dapat Bantuan Longboat dan Alat Tangkap Ikan

Kamis, 20 Jun 2019 17:35 WIT
Kepala DKP Asmat Sukarno menyerahkan bantuan kepada warga. (Foto: Humas Asmat/SP)

ASMAT | Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Asmat, Papua, menyerahkan bantuan 187 lobgboat dan mesin 15 PK kepada warga yang berhak menerimanya. 

Bantuan tersebut diserahkan langsung Kepala DKP Sukarno, di pelabuhan baru Cemenes Agats, Kamis (20/6).

Selain longboat dan mesin 15 PK, bantuan berupa alat tangkap ikan juga diserahkan kepada warga. 

“Kami juga memberikan alat tangkap seperti jaring dengan tiga jenis yaitu, jaring ikan kakap, jaring ikan bulana dan jaring udang,” kata Sukarno.

Warga yang berhak menerima bantuan ini adalah kelompok binaan dari DKP, diantaranya kelompok budidaya ikan, kelompok pengelola ikan dan kelompok penangkapan ikan yang tersebar di 224 kampung, dari 23 distrik di Asmat.

“Dalam kelompok tersebut itupun didalamnya ada 8-10 orang yang akan mengelola bantuan yang diserahkan tersebut,”ujarnya.

Bantuan yang diserahkan secara bertahap pada Juni dan Juli mendatang bersumber dari dana Otonomi Khusus (Otsus), dan Dana Alokosi Umum (DAU) tahun 2018.

Sukarno pun berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaiknya, dan untuk dijual karena tentu akan ada sanknya. Sebab tujuan dari bantuan ini untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

“Yang paling utama dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan kalau ada lebihnya baru ikan yang di tangkap boleh di jual di pasar,” tuturnya. 

“Dinas DKP Asmat terus mengawal kelompok yang mendaptkan bantuan, sehingga tidak terjadi adanya jual beli barang pemerintah,” imbuhnya.

Sukarno menambahkan, Bupati Elisa Kambu dan Wakil Bupati Thomas Eppe Safanpo mempunyai niat baik mendorong nelayan di Asmat agar mendapatkan kesejahteraan yang sama seperti profesi pekerjaan masyarakat lainya.

Sebab, Asmat mempunyai potensi sumber daya laut yang melimpah. Atas dasar inilah pemerintah daerah terus memberikan sentuhan kepada masyarakat melalui pelatihan serta bantuan agar mereka memahami betul betapa kayanya laut Asmat.

“Asmat mempunyai segudang habitat. Jenis ikan contonya ikan kakap, ikan bulana, ikan hiu, ikan pari serta udang dan keraka dan sejumlah habitat laut lainya,” pungkasnya. (HA/SP)

Kategori:
Bagikan