Asisten III Lepas Keberangkatan 23 Calon Jamaah Haji Asal Asmat

Sabtu, 22 Jun 2019 02:13 WIT
PELEPASAN CJH - sejumlah CHJ asal Asmat dan tamu undangan mengikuti acara pelepasan CJH 2019 dan halal bi halal di Aula Masjid An-Nur Agats, Jumat (21/6). (Foto: Humas Asmat/SP)

TIMIKA | Asisten III Setda Asmat, Syamsul Agas melepas keberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) 1440 Hijriah/ 2019 untuk menunaikan ibadah ke Tanah Suci, Mekah. 

Acara pelepasan CJH yang dirangkai dengan halal bi halal berlangsung di Aula Masjid An-Nur, Kota Agats, Jumat (21/6) malam. 

Hadir dalam acara ini Kepala Kementerian Agama Yohanes Nahak, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Hj.Hairulla Bausad, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwakilan TNI - Polri, dan tamu undangan lainnya. 

Asisten III Setda Asmat Syamsul Agas mengatakan, dari 23 CJH, 15 diantaranya CJH perempuan, sedangkan, 8 lainnya CJH laki-laki. 

CJH asal Asmat tahun ini meningkat dibandingkan dengan tahun 2018 lalu yang hanya 13 orang. Diperkirakan jumlah CJH tahun 2020 akan meningkat sekitar 40 orang. 

"Semakin bertambahnya Jamaah Haji dari tahun ke tahun akan semakin baik. Kita patut bersyukur atas dukungan dan dorongan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Asmat," kata Syamsul. 

Dia pun berharap, para CJH agar memanfaatkan kesempatan perjalanan ke Tanah Suci dengan sebaik-baiknya sesuai perintah yang disyariatkan dalam rukun Islam yang kelima tersebut. 

“Semoga Jamaah Haji di tahun ini diberikan kekuatan dan ketabahan menjalankan ibadahnya mereka dengan baik, serta kembali ke tanah air dengan sehat wal’afiat,” ujar Syamsul. 

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asmat Yohanes Nahak mengatakan, 23 CJH telah mengikuti pemeriksaan kesehatan, manasik haji, dan pembekalan yang dilakukan oleh pihaknya.

Dia pun berharap para CJH ini menjaga nama baik Kabupaten Asmat, serta tertib menunaikan ibadah di Tanah Suci. 

“23 Calon Jamaah Haji Kabupaten Asmat di nyatakan sehat dan siap menunaikian ibadah haji di tahun ini. Semoga calon Jamaah Haji  Asmat kembali dengan haji yang mabrur dan bermanfaat untuk keluarga dan orang di sekitar,” pungkas Yohanes. 

Sebelum bertolak ke Madinah, para CJH akan ditampung di Asmara Haji di Makassar, Sulawesi Selatan. (Ipa/SP)

Kategori:
Bagikan