Kadistrik Harus Memberikan Pelayanan Terbaik untuk Masyarakat

Senin, 24 Jun 2019 15:37 WIT
BACA SAMBUTAN - Demianus Katiop membacakan sambutan Bupati Mimika Eltinus Omaleng diacara sosialisasi yang digelar Bagian Tata Pemerintahan Setda Mimika. (Foto: Hadija Laisouw/SP)

TIMIKA | Bupati Mimika Eltinus Omaleng meminta kepada seluruh kepala distrik harus dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. 

Hal ini dikatakan Asisten I Setda Mimika Demianus Katiop, saat membacakan sambutan bupati pada Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan tentang Kecamatan /Distrik Kabupaten Mimika Tahun 2019 yang di selenggarakan Bagian Tata Pemerintahan Setda Mimika, di Hotel Horison Ultima Timika, Senin (24/6).

Kata dia, kepala distrik merupakan perpanjangan tangan dari bupati dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. 

"Peran dan tanggungjawab dari kepala distrik tidaklah mudah. Sebagai ASN kita dituntut dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," kata Demianus.

Menurutnya, dalam rangka mewujudkan good governance dan terus menyelenggarakan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat yang efektif dan efisien di distrik, maka Pemkab Mimika pada tahun 2015 lalu telah mengimplementasikan distrik sebagai satuan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

"Itu sesuai dengan amanat yang tertuang dalam Pasal 226 Undang-undang 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah," ungkapnya.

Mengimplementasikan distrik sebagai OPD juga sebagai bentuk komitmen untuk terus melakukan penguatan dan menjadikan distrik sebagai garda terdepan pelayanan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. 

Bupati Mimika juga telah mengeluarkan kebijakan regulasi berupa Peraturan Bupati Nomor 12 tahun 2014 tentang pendelegasi sebagian kewenangan kepada kepala distrik untuk melaksanakan sebagian tugas pemerintahan.

Hal ini merupakan sebuah momentum yang perlu menjadi sebuah catatan penting. Pasalnya, semenjak Kabupaten Mimika berdiri dari tahun 1999 sampai sekarang di tahun 2019 baru di terbitkan regulasi tersebut. 

"Tentunya kebijakan yang positif ini selain merupakan amanat undang-undang juga sebagai bentuk kepercayaan dari Bupati Mimika kepada para kepala diatrik se-kabupaten Mimika," imbuhnya. 

Demianus berharap, dengan dilakukan sosialisasi ini agar kepala distrik terus berupaya secara maksimal dalam meningkatkan kinerja, dedikasi, disiplin aparatur serta betah di tempat. 

Selain itu, bisa mendukung penuh kebijakan pemerintah daerah dalam mewujudkan visi misi bupati dalam mewujudkan Mimika yang aman damai dan sejahtera.

"Ada sebagian kadistrik yang tidak tinggal di tempat ia bertugas sebagai kadistrik malah ia tinggal di kota, lalu bagaimana bisa memantau serta mengetahui perkembangan ataupun yang menjadi masalah di distrik tersebut," ungkapnya.

"Kadistrik harus melakukan pembinaan, pengawasan dan mampu menggerakan para lurah, kepala kampung dan RT serta unsur lainnya untuk bersama-sama menciptakan mimika yang bersih indah dan sehat," tambahnya. (Cr-2/SP)

Kategori:
Bagikan