Disparbud Asmat Gelar Festival Seni Budaya Beorpit dan Tawaraoct

Senin, 24 Jun 2019 21:40 WIT
PUKUL TIFA - Asisten I Setda Asmat Yustus Kakom bersama Kepala Disparbud Simon Junumpit ketika membuka Festival Beorpit dan Tawaraoct, Senin (24/6). (Foto: Humas Asmat/SP)

ASMAT | Dinas Parawisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Asmat, Papua menggelar Festival Seni Budaya Pesona Asmat Beorpit dan Tawaraoct ke-XI 2019 di Agats, Senin (24/6). Festival ini akan berlangsung hingga Jumat (28/6).

Festival ini dibuka Asisten I Setda Asmat Yustus Kakom, dengan dihadiri Asisten II Daniel Rumruren, unsur TNI/Polri, kepala  OPD, kepala kampung, kepala distrik dan tokoh masyarakat.

Ada 340 peserta yang mengikuti festival. Dengan 8 mata lomba yaitu, balada cendrawasih, tari kreasi, vokal group, sosio drama, pop singer, imitasi burung cendrawasih, mengukir dan pesona beorpit dan tawaraoct.

Asisten I Sekda Asmat Yustus Kakom menyampaikan, Festival Budaya Beoropit dan Tawaraoct merupakan kegiatan tahunan di Kabupaten Asmat dengan tujuan, mengembangkan kreatififitas warga agar menyadari akan pentingnya seni dan budaya yang dimiliki di Tanah Asmat.

“Festival ini juga dimaksudkan untuk mengerakan kegairahan seniman/seniwati  berada di Asmat agar  terus berkarya menghidupkan nuansa-nuansa kebudayaan  ditengah-tengah masyarakat," katanya. 

Yustus menghimbau, kepada peserta dan warga yang ikut serta meramaikan festival ini untuk merayakanya dengan tertib dan professional.

“Jadikan festival ini sebagai ajang silaturahim antara satu dengan lainya. Para seniman /seniwati juga diharpakan saling mengenal agar memacu gairah seni kepada generasi muda di Asmat,” harapnya.

Yustus mengingatkan Dinas Parawisata Asmat agar kedepan natinya perlu di tingkatkan lagi kemeriahanya, sehingga adanya daya tarik tersendiri untuk mendatangkan para pengunjung baik tingkat lokal mapun nasional.

"Kedepannya harus lebih meriah lagi," pungkasnya. (HA/SP)

Kategori:
Bagikan