Kadistrik Berperan Melihat Potensi Tingkatkan Pendapatan Daerah

Senin, 24 Jun 2019 22:08 WIT

TIMIKA | Kepala Bagian Tata Pemerintahan Slamet Sutejo mengatakan kepala distrik selain berperan sebagai peepanjangantangan Bupati, juga memiliki tanggunjawab membantu Badan Pendapatan Daerah (Bappenda).

Peran Kadistrik membantu Bappenda dengan 
menangkap, mencermati potensi-potensi untuk meningkatkan pendapatan daerah.

"Karena mereka inilah yang di lapangan lebih menguasai jalur ini, gang ini ada pembangunan apa, siapa yang belum membayar pajak dan lain sebagainya," imbuh Slamet.

Untuk memaksimalkan peran dan tugas Kadistrik, maka dilakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan tentang kecamatan /distrik.

"Selama ini kita hanya mengukur mereka dengan yang umum-umum saja, sementara untuk bagaimana mengukur pemerintahan pembangunan dan pelayanan mereka saja bingung karena tidak semua camat ini berasal dari latar belakang pemerintahan," tutur Slamet kepada Wartawan di Hotel Horison Ultima, Senin (24/6). 

Slamet menambahkan Kadistrik dari latar belakang pemerintahan saja belum tentu maksimal apalagi mereka yang bukan dari pemerintahan. 

"Alhamdulillah bulan Mei kita sudah masukan itu ke bagian hukum dan sudah didikaji oleh pimpinan dan salinannya sudah diterbitkan, sehingga hari ini kita sosialisasikan perundang-undangannya," jelasnya

Kata Slamet, tujuan sosialisasi perundang-undangan kecamatan/distrik  untuk mengefektifkan pelayanan terhadap masyarakat dan mendekatkan pelayanan terhadap masyarakat. 

"Seperti mengurus surat-surat kependudukan, kenapa tidak urus dibawah camat yang bertugas, kenapa harus jauh-jauh,"katanya.

Selain itu kata Slamet juga untuk mendorong akuntabilitas kinerja aparatur distrik, karena selama ini seolah-olah mereka lepas dari pengawasan pengendalian karena alasan jauh dan lain sebagainya. 

"Sekaligus mempertegas posisi distrik, karena posisi distrik ini dia sebagai kepala OPD dan juga membawahi wilayah. Fungsi Kadistrik ini double," katanya

Slamet juga menyampaikan bahwa tata pemerintahan Kabupaten Mimika akan selalu berusaha memperbaiki dengan adanya laporan-laporan dari masyarakat terkait ketidakhadiran Kadistrik di tempat tugas. (Cr-2/SP)

Kategori:
Bagikan