PLN Timika Pastikan Pasokan Daya Listrik Aman Hingga Akhir Tahun

Selasa, 25 Jun 2019 21:02 WIT
Mesin pembangkit baru milik PLN Timika. (Foto: Dok/SP)

TIMIKA | Manajemen PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Timika, Papua memastikan pasokan daya listrik hingga akhir tahun 2019 aman.  

Manager PLN UP3 Timika Hotman Ambarita optimis pasokan daya tetap terpenuhi meski semakin bertambahnya pelanggan baru mengingat PLN telah surplus sekitar 5 Megawatt. 

"Kalau hanya pelanggan rumah tangga kan hanya 1.300 Watt kalau tidak 2.200 Watt, yang besar itu hotel," kata Hotman saat menyampaikan sambutannya di acara temu pelanggan PT PLN (Persero) unit induk wilayah Papua dan Papua Barat di Hotel Grand Mozza Timika, Selasa (25/6).  

Hotman juga mengatakan, pasokan daya masih tetap akan mencukupi walaupun PLN telah mensuplay daya listrik ke bandara baru milik Pemkab Mimika. 

"Aktivitas di bandara itu kan lebih banyak dominan di siang hari, jadi kami sudah prediksikan untuk efek mempengaruhi ke malam hari itu tidak terlalu signifikan," katanya. 

Menurutnya, beban listrik siang hari bahkan sudah surplus hingga 9 MW, sementara kebutuhan daya untuk bandara nanti diperkirakan hanya sekitar 2,1 MW.

Meski begitu, Senior Manager Niaga & PP PT PLN Persero Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Widodo, mengatakan minimal tetap harus ada cadangan satu unit mesin pembangkit untuk antisipasi. 

"Jika ada unit terbesar gangguan tidak akan mengalami pemadaman, jadi harus ada cadangan satu unit genset," kata dia. 

Sementara itu, Widodo menambahkan, PLTD yang saat ini berada di Jalan Leo Mamiri rencananya akan dipindahkan ke Poumako ahir tahun 2023. (Cr-2/SP)

Kategori:
Bagikan