MPM Uncen Ajak Warga Papua Tenang Tunggu Hasil Sengketa Pemilu 2019

Rabu, 26 Jun 2019 15:25 WIT

JAYAPURA | Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Papua mengajak segenap warga yang ada di daerah itu untuk bersikap tenang dan mempercayakan sengketa hasil Pemilu 2019 kepada Mahkamah Konstitusi (MK). 

"Kami mengimbau kepada semua pihak, terutama kaum muda dan para elit politik di tanah Papua dan juga seluruh Indonesia, agar memberikan kesempatan kepada MK untuk putuskan hasil sidang pemilu 2019," kata Ketua MPM Uncen Louis D Raiwaky di Kota Jayapura, Papua, Rabu, (26/6). 

"Kita semua harus bersikap tenang, bersikap sebagai warga negara yang baik dan terpuji. Jangan menunjukkan sikap yang arogan, antipati, anarkis dan memberikan informasi hoaks terkait pemilu. MK pasti akan berikan hasil yang terbaik sebagaimana fakta persidangan," tambahnya lagi. 

Ia juga berharap agar aparat keamanan yang menjaga dan mengawal hasil keputusan sidang MK dalam pemilu 2019 bisa melaksanakan tugas dengan baik dan benar, sebagaimana tupoksi yang ada sesuai aturan dan perundangan yang berlaku.

"Kami berharap aparat keamanan dapat bertindak bijak, kedepankan sikap persuasif dan polisi modern, polisi masyarakat bukan polisi di depan masa," katanya.

Mengenai hasil sidang MK dan putusannya seperti apa dalam penyelesaian sengketa pemilu 2019, Louis mengatakan itu merupakan wajah dari proses demokrasi yang terjadi, sehingga harus legowo dalam menyikapinya.

"Soal hasilnya nanti seperti apa, itulah wajah dari demokrasi kita di Indonesia. Soal kekurangan dan kelebihannya, sebaiknya dibahas dalam diskusi resmi yang bisa membangun dan berikan masukan bagaimana agar pemilu berikutnya bisa lebih baik dari sekarang," katanya.(Antara/Batt/SP)

Kategori:
Bagikan