Kuota Haji Kabupaten Mimika Tahun 2019 Meningkat

Rabu, 26 Jun 2019 18:11 WIT
Utler Adrianus

TIMIKA | Meningkatnya kuota calon jamaah haji untuk Provinsi Papua yang diberikan Kementerian Agama berimbas juga pada meningkatnya kuota calon jamaah haji untuk Kabupaten Mimika. 

Kalau tahun sebelumnya, kuota calon jamaah haji untuk Kabupaten Mimika sebanyak 186 orang,  pada tahun 2019 ini meningkat menjadi 265 orang. 

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Mimika, Utler Adrianus mengatakan, peningkatan ini disebabkan adanya kebijakan penambahan jamaah haji dari Pemerintah Arab Saudi kepada Pemerintah Indonesia sebanyak 10 ribu jamaah haji. 

"Dengan adanya penambahan jamaah haji dari pemerintah Arab Saudi itu sehingga kita di Mimika ini meningkat menjadi 265 dari tahun sebelumnya hanya 186," tutur Ulter saat di temui di kantor Kemenag Kabupaten Mimika jalan Yos Sudarso, Rabu (26/6). 

Ia menjelaskan, calon jamaah haji Kabupaten Mimika saat ini telah siap untuk menunaikan salah satu rukun islam tersebut. Meraka rencananya akan dilepas pada tanggal 8 Juli mendatang. 

"Pelepasan ini memang agak sedikit lebih awal karena ada banyak dari calon jamaah yang memiliki keluarga di Makasar sehingga ada waktu untuk mereka sebelum masuk embergasi," katanya. 

Dikatakan Utler, calon jamaah haji asal Kabupaten Mimika akan bergabung dengan calon jamaah haji dari kabupaten lain untuk bersama-sama berangkat ke tanah suci melalui embarkasi Makasar. 

"Nanti hanya satu kloter karena pesawat ke Arab Saudi itu menampung sebanyak 450 lebih penumpang, jadi akan digabung dengan jamaah yang lainnya, biasanya dari Kabupaten Kerom, Kabupaten Jayawijaya dan kabupaten lainnya," ungkap Utler. 

Ia menambahkan, sebelum berangkat Kemenag akan memeriksa kesehatan setiap calon jamaah haji. Jika ada yang sakit namun dalam kategori ringan bisa melanjutkan, tetapi jika berat berarti secara terpaksa tidak diberangkatkan. 

"Apalah arti kita melaksanakan ibadah tetapi kesehatan kita terganggu," tuturnya (Cr-2/SP)

Kategori:
Bagikan