Biak Persiapkan Analisis Laboraturium Menuju PON XX Papua

Rabu, 26 Jun 2019 20:55 WIT
Kepala bidang pengendalian dan pencegahan penyakit Dinas Kesehatan Biak Ruslan Epid, M.Kes.(Foto: Antara)

BIAK | Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Biak Numfor, Papua memberikan ketramilan pelatihan On the Job Training (OJT) bagi tenaga analis laboratorium kesehatan dari tujuh Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah.

Pelatihan diberikan dalam rangka persiapan pelayanan rujukan kesehatan menuju PON XX Papua 2020.

"Pelatihan khusus analis laboratorium malaria untuk seluruh petugas laboratorium RSUD Biak berlangsung selama empat hari," ungkap Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Biak Ruslan Epid di Biak, Rabu (26/6).

Ruslan mengatakan, untuk mendukung pelayanan rujukan bagi penyelenggaraan PON XX Papua 2020, pihak Dinas Kesehatan perlu memberikan ketrampilan khusus petugas analis laboratorium untuk Puskesmas terpilih dan RSUD.

Dia berharap dengan adanya OJT bagi petugas analis laboratorium dapat meningkatkan kemampuan ketrampilan pemeriksaan diagnosis kasus penyakit malaria dengan tepat.

"Pemeriksaan malaria tidak hanya berdasarkan gejala klinis melainkan harus dengan berdasarkan pemeriksaan RDT atau mikroskopis,"ujarnya.

Ia mengharapkan, petugas analis di berbagai Puskesmas dan RSUD yang mengikuti OJT dapat memperoleh pengetahuan dan ketrampilan untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan khususnya pada rujukan menuju PON Papua 2020.

Berdasarkan data tujuh Puskesmas sebagai peserta OJT analis laboratorium yakni dari berasal dari Puskesmas Yawosi, Puskesmas Ampombukor distrik Biak Barat, Puskesmas Bondifuar, Puskesmas kepulauan Pasi, Puskesmas kepulauan Wundi, Puskesmas Andei dan Puskesmas Sumberker distrik Samofa.(Antara/SP)

Kategori:
Bagikan