KONI Pusat Tinjau Lapangan Golf Kuala Kencana untuk PON Papua

Jumat, 28 Jun 2019 13:43 WIT
TINJAU VENUE PON - Tournament Coordinator & Hcp Chairman - Klub Golf Rimba Irian Rumadi memberikan penjelasan soal kondisi lapangan Golf kepada rombongan KONI Pusat, Jumat (28/6). (Foto: Sevianto/SP)

TIMIKA | Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pusat meninjau lapangan Golf Rimba Irian di Kuala Kencana, Timika, yang akan digunakan sebagai venue golf PON XX Papua 2020 mendatang.

Wakil Ketua KONI pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno selaku Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasra) PON XX Papua, meninjau langsung kesiapan venue golf milik PT. Freeport Indonesia tersebut, Jumat (28/6).

Rombongan mendapat penjelasan langsung dari Tournament Coordinator & Hcp Chairman - Klub Golf Rimba Irian Rumadi Gustin, termasuk beberapa kekurangan yang sebelumnya sudah dievaluasi technical delegate (TD). 

Rumadi mengatakan, pihaknya masih menunggu surat resmi dari PB PON Papua kepada PT. Freeport Indonesia agar segala persiapan segera diselesaikan sebelum perhelatan PON pada September 2020.

"Kami butuh surat resmi dari PB PON bahwa lapangan ini akan dipakai, supaya kami persiapan. Kalau hanya sebatas koordinasi, itu lain lagi," kata Rumadi.

Menurut Rumadi, secara keseluruhan lapangan Golf Rimba Irian Kuala Kencana sudah siap, tinggal beberapa hal teknis seperti penambahan drainase dan pembersihan rumput liar. 

"Karena curah hujan cukup tinggi, perlu drainase sehingga lapangan tidak terlalu basah. Waktu yang tersisah, Insya Allah semua bisa selesai sebelum PON," katanya.

Cabang olahraga golf akan memperebutkan lima medali emas, masing-masing untuk mata lomba beregu putra-putri, perorangan putra putri, dan foursome campuran.

"Total pemain 65 tambah 7 berarti sekitar 72, kita siapkan 80an caddy untuk antisipasi. Lapangan ini memiliki 18 hole, sesuai standar nasional," jelas Rumadi.

Ketua Bidang Pertandingan Panwasra KONI pusat, Andri Paranoan, mengatakan Mimika menjadi klaster penyelenggara PON Papua yang pertama ditinjau KONI pusat.

Dari kunjungan secara langsung ke lapangan, menurut Andri, khusus untuk lapangan golf tinggal dilakukan beberapa perbaikan lapangan karena adanya tingkat kebasahan cukup tinggi di titik tertentu. 

"Nanti kita coba modifikasi, dimana saja letak yang perlu diperbaiki. Secara keseluruhan, ini tidak memakan waktu begitu lama. Ini sudah sangat layak, tinggal beberapa rekomendasi dari technical delegate perlu ditindak lanjuti," katanya.

Wakil Ketua KONI pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno bersama rombongan masih akan meninjau beberapa venue lainnya di Mimika. Dimana klaster Mimika rencananya akan menyelenggarakan 9 cabang olahraga. (rum/SP)

Kategori:
Bagikan
Berita terkait

Utama

PON XX Papua