Tiga Potensi Menjadi Tolak Ukur Tes Siswa Unggul Papua

Jumat, 28 Jun 2019 19:02 WIT
Foto bersama usai acara pembukaan Test Potensi Akademik (TPA) siswa unggul Papua tahun 2019 Kabupaten Mimika dan Asmat. (Foto: Ist/SP)

TIMIKA | Ada tiga potensi yang menjadi tolak ukur Tes Potensi Akademik (TPA) siswa unggulan Papua tahun 2019 untuk peserta Kabupaten Mimika dan Kabupaten Asmat, yakni Bahasa Inggris, potensi akademik dan matematika.

"Tes potensi akademik ini bertujuan untuk menjadi pertimbangan panitia dalam menentukan siapa yang akan ditugasbelajarkan di dalam negeri dan di luar Negeri," tutur Plt Sekda Mimika Marthen Paiding di SMA Negeri 1, Jumat (28/6).

Sementara pendamping pelaksana seleksi siswa unggulan Papua tahun 2019 Max Karu mengatakan, secara periodik ada evaluasi dari tahun sebelumnya diketahui dibutuhkan satu penguatan kepada anak asli Papua (Amungme dan Kamoro) terutama untuk pelajar yang nantinya keluar negeri, yaitu penguatan Bahasa Inggris. 

Maka mekanisme rekrut tahuntelah disepakati akan dilakukan pembekalan dan pemetaan sebelum diberabgkatkan agar diketahui 
 siapa yang layak ditempatkan di sekolah luar negeri dan di dalam negeri.

Kata Max, uji kompetensi yang dilakukan juga untuk mengukur pelajar tersebut harus ditempatkan pada program apa. Tidak seperti tahun lalu anak tersebut langsung menentukan dia harus keluar negeri atau di dalam negeri. 

"Contohnya pada sebelumnya ada anak yang memilih mau sekolah pilot, ternyata sampai di sana dirasakan dia tidak sanggup untuk sekolah pilot dan akhirnya belum apa-apa sudah telepon keluarga minta pulang karena kompetensi itu tidak pas untuk dia," ungkap Max

Pengalaman itulah sehingga panitia seleksi siswa unggulan Papua tahun 2019 ini berusaha memperkecil presentase kegagalan. 

"Kebutuhan ini langsung dibiayai oleh dana Otsus melalui Biro Otsus Provinsi Papua," katanya

Max menambahkan untuk tim seleksinya itu dari Jakarta Internasional College (JIC) dan untuk perekrutannya dilihat dari prestasi masing-masing pelajar, kemudian dari tim akan mengembalikan rekomendasi kepada pemerintah provinsi untuk nantinya diusulkan proses pembekalan. (Cr-2/SP)

Kategori:
Bagikan