Peringati HUT Bhayangkara Ke-73, 11 Personel Brimob Timika Daki Gunung Cartenz

Sabtu, 29 Jun 2019 14:29 WIT

TIMIKA I Sebanyak 11 Personel Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Papua mendaki Gunung Cartenz dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara Ke-73 yang jatuh setiap tanggal 1 Juli. 

Pendakian melalui jalur PT Freeport Indonesia (Tembagapura, Kabupaten Mimika) ini dipimpin langsung oleh Wadanyon B Pelopor Sat Brimob Polda Papua, AKP Ramadhona. 

Perjalanan pendakian dimulai tanggal 19 Juni, dimana personel mulai bergerak dari Mako Brimob Timika, menuju Tembagapura. Selanjutnya beristirahat selama 1 hari di Basecamp atau yang lebih dikenal dengan nama lembah danau-danau.

Lembah danau-danau menjadi lokasi peristirahatan para pendaki untuk menyesuaikan kondisi tubuh karena perubahan cuaca atau Aklimatisasi. Biasanya, untuk penyesuaian ini, pendaki membutuhkan waktu sehari. 

Wadanyon B Pelopor Sat Brimob Polda Papua, AKP Ramadhona kemudian menceritakan perjalanan yang langkah sekaligus menantang itu kepada seputarpapua.com saat dihubungi, Sabtu (29/6).

“Kami mulai mendaki hari Jumat, 21 Juni 2019. Sekitar jam 06.00 WIT kami mulai bergerak dari basecamp menuju salah satu puncak di Gunung Cartenz yaitu puncak Soemantri yang berada diketinggian 4808 Mdpl,” tuturnya.

“Sampai di Puncak Soemantri sekitar pukul 9.30 WIT, kemudian kami mulai mengibarkan Bendera Merah Putih, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengucapkan Tribrata yang merupakan pedoman moral dan penuntun nurani setiap anggota Polri. Sekitar satu jam kami berada disana,” tambahkan AKP Ramadhona.

Kata dia, meskipun medan bebatuan dengan kemiringan yang menguji adrenalin cukup menguras tenaga, namun sewaktu sampai di Puncak Soemantri, perjalanan yang melelahkan itu sirna setelah melihat putihnya Salju. 

“Perjalanan menuju puncak itu sama seperti tugas dan tanggungjawab setiap anggota Polri. Banyak lika-liku, suka duka, namun harus dijalani dengan tekun sebagai bentuk dari pelayanan kepada masyarakat dan pengabdian kepada bangsa dan negara,” ungkapnya. 

“Selain kegiatan dalam rangka hari Bhayangkara, kami juga melakukan pembersihan sampah-sampah yang berserakan akibat ditinggalkan oleh pendaki sebelumnya. Ini yang jadi keprihatinan kami karena salah satu anugrah terindah dari Tuhan untuk Papua ini dirusak oleh oknum-oknum yang tidak bertanggujawab,” pungkasnya.

 

alt text

Satu hal yang menjadi keprihatinan AKP Ramadhona adalah kondisi salju abadi yang dari tahun ke tahun terus mencair akibat pemanasan global. Padahal, salju abadi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan mancanegara maupun lokal untuk menaklukkan salah satu gunung tertinggi di dunia ini. 

“Setelah kami selesai dengan kegiatan, kemudian kami turun kembali melalui jalur yang sama sewaktu kami naik. Saat ini semua anggota sudah kembali ke tugas rutin masing-masing. Tak lupa saya ucapkan Selamat Hari Bhayangkara Ke-73 untuk seluruh anggota Polri di Indonesia, salam persatuan,” tutupnya. 

AKP Ramadhona sebelumnya menjabat sebagai Pasiops Den B Satbrimob Polda Jawa Barat. Setelah lulus PTIK, November 2017 ia ditempatkan di Polda Papua. Kemudian pada akhir Januari 2018, AKP Ramadhona resmi menjabat sebagai Wadanyon B Pelopor Sat Brimob Polda Papua. 

Sementara sebagian besar personel yang dibawa mendaki Gunung Cartenz adalah muka-muka lama yang memang sudah beberapa kali mendaki ke Gunung Cartenz, diantaranya, Aipda Kristo R. Lewerisa dan Aipda Anshor Muda. (Batt/SP)

Berikut 11 Personel Yon B, Satbrimob Polda Papua yang naik ke Gunung Cartenz.

1. AKP Ramadhona

2. Ipda Abdul Hamid 

3. Aipda Anshor Muda 

4. Aipda Kristo R. Lewerisa 

5. Bripka Slamet

6. Bripka M. Korwa 

7. Brigpol Wakhid Kusnanto 

8. Briptu Bayu Ilham Dwi Mulyanto 

9. Briptu Herianto Keliandan 

10. Briptu Frans Ikinia 

11. Bharatu Denny Wakum

Kategori:
Bagikan