Kadistrik Miktim Berharap Anggaran Pengembangan Taman Mapurupuwau Diakomodir

Senin, 01 Jul 2019 22:48 WIT
Kepala Distrik Mimika Timur Marike Warinussy. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Kepala Distrik Mimika Timur, Kabupaten Mimika, Marike Warinussy menuturkan telah mengusulkan anggaran rehabilitasi taman sejarah masyarakat Mapurujaya ‘Mapurupuwau’, dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan, sebesar Rp300 juta.


“Saya sudah ajukan anggaran untuk pengembangan Taman Mapurupuwau di APBD Perubahan. Saya berharap program tersebut bisa diakomodir,” kata Kepala Distrik Mimika Timur, Marike Warinussy, di Pasar Rakyat Mapurujaya, Senin (1/7).


Kata dia, selama ini pengembangan taman sejarah tersebut tidak bisa dilakukan karena terkendala anggaran. 
 

Padahal Taman Mapurupuwau merupakan ikon bersejarah di Kabupaten Mimika dan harus diperkenalkan kepada masyarakat luas. 


“Taman ini menceritakan tentang sejarah masyarakat Mapurujaya dan terjadinya Kabupaten Mimika. Sehingga harus dilestarikan dengan baik. Tapi kalau tidak ada anggaran, kami tidak bisa berbuat apa-apa,” katanya.


Marike mengatakan, anggaran sebesar Rp300 juta tersebut akan dipergunakan untuk melakukan rehab ringan, mulai pengecatan taman, pemasangan kawat berduri di sekeliling taman, penggantian meteran listrik yang hilang, dan lainnya.


Termasuk menambah atau melengkapi taman tersebut dengan tulisan-tulisan sejarahnya. Sehingga masyarakat Mimika dan tamu yang berkunjung mengetahui, bagaimana sejarah Mapurujaya melalui taman ini. 


“Apalagi menjelang PON XX ini, pastinya akan banyak tamu yang berkunjung. Sehingga taman yang menjadi ikon Mimika ini bisa menjadi pengalaman dan cerita tersendiri saat mengunjunginya,” tuturnya.


Oleh karena itu, pihaknya berharap anggaran yang diajukan di APBD Perubahan bisa diakomodir. Sehingga bisa mengembangkan taman sejarah ini dengan optimal. 


“Kalau taman ini sudah beroperasi dengan optimal, maka tentunya akan menambah tempat wisata dan perekonomian dari masyarakat setempat,” ungkapnya. (mkr/SP)

Kategori:
Bagikan