TMMD ke-105, Kodim 1710 Mimika Sasar Kampung Mandiri Jaya

Selasa, 02 Jul 2019 13:11 WIT
PEMAPARAN - Dandim 1710 Mimika Letkol Inf. Pio L. Nainggolan memaparkan program TMMD ke-105 tahun 2019 yang akan dilakukan di Kampung Mandiri Jaya, Selasa (2/7). (Foto: Ipa/SP)

TIMIKA | Kodim 1710 Mimika melaksanakan program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-105 tahun 2019 di Kampung Mandiri Jaya, Distrik Wania, Mimika, Papua. 

Pembukaan TMMD akan berlangsung pada Rabu (10/7), namun untuk pra TMMD sudah dimulai sejak Selasa (2/7).

Guna memantapkan program dari Mabes TNI ini, maka  dilakukan rapat koordinasi dengan sejumlah pihak terkait, baik dari unsur Pemkab Mimika maupun pihak swasta. 

Rakor dipimpin Dandim 1710 Mimika Letkol Inf. Pio L Nainggolan, di salah satu hotel di Jalan Yos Sudarso, pada Selasa (2/7) pagi. 

Dandim 1710 Mimika Letkol Inf. Pio L Nainggolan dalam pemaparannya menyampaikan, tujuan TMMD untuk membantu Pemda dalam percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dan gotong royong serta partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan daerahnya.

"Kegiatan TMMD ke-105 dilaksanakan di Kampung Mandiri Jaya, Distrik Wania," kata Pio. 

Menurut Pio, ada dua sasaran dari TMMD, yaitu kegiatan fisik dan non fisik. 

Untuk kegiatan fisik meliputi, penimbunan jalan kampung sepanjang 1 Km, pembuatan 3 MCK umum, pembuatan 3 sumur bor dan bak penampungan air, serta pembangunan 2 jembatan.

Sedangkan kegiatan non fisik meliputi, penyuluhan perkebunan dan pertanian, penyuluhan peternakan, penyuluhan kesehatan berupa KB dan HIV/Aids, penyuluhan hukum dan narkoba, serta pemutaran film pembangunan dan pendidikan.

"Untuk anggaran TMMD bersumber dari Mabes TNI dan Pemkab Mimika," imbuhnya. 

Ia berharap dinas terkait di lingkup Pemkab Mimika dapat berperan aktif dalam kegiatan non fisik berupa penyuluhan, serta memberikan bantuan nyata kepada masyarakat berupa hewan ternak dan bibit tanaman sehingga kegiatan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan TMMD ke 105 ada peran aktif dan bantuan dari pihak terkait. Temasuk pimpinan Bank dan HIPMI di Kabupaten Mimika," tuturnya. 

Sementara Asisten I Setda Mimika Demianus Katiop mewakili Bupati Eltinus Omaleng berharap, program ini dapat berguna bagi masyarakat Kampung Mandiri Jaya, sehingga masyarakat dapat merasakan serta menikmati program Pemkab Mimika melalui kegiatan TMMD ke-105 ini. 

"Kami mengharapkan dalam melaksanakan tugas pembangunan daerah, Pemda meminta kerjasamanya khususnya TNI dan Polri," tuturnya. (Ipa/SP)

Kategori:
Bagikan