Bappeda Mimika Evaluasi RPJMD 2014-2019

Selasa, 02 Jul 2019 19:08 WIT
PEMAPARAN - Suasana Saat Evaluasi RPJMD Kabupaten Mimika tahun 2014-2019. (Foto: Hadija/SP)

TIMIKA | Pemerintahan Kabupaten Mimika, Papua mengevaluasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2014-2019 yang tinggal beberapa bulan lagi berakhir. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Horizon Ultima Timika, Selasa (1/7). 


Kepala Bidang Pengendalian Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika Lalu Mikson mengatakan, evaluasi RPJMD ini untuk dijadikan acuan dalam merancang RPJMD yang baru yaitu periode 2020-2025.


"Kegiatan ini merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 86 tahun 2017 Bab IV tentang Tata Cara Pengendalian Evaluasi dan Pembangunan Daerah," ungkapnya. 


"Sehingga kami hadirkan narasumber dari kemendagri untuk mengevaluasi RPJMD kita yang telah berlalu karena ini juga merupakan satu masukan untuk bisa menyusun RPJMD yang baru," tambah Mikson. 


Selain itu,  kata dia, agar bisa untuk dilihat indikator apa saja yang sudah dicapai dan yang belum dicapai untuk bisa menjadi acuan dalam menyusun RPJMD berikutnya. 


"Evaluasi ini dilakukan lebih awal karena pihaknya sudah mulai menyusun ternograp untuk RPJMD berikutnya," jelasnya. 


Dikatakan Mikson, sejauh ini untuk di Mimika pelaksanaan RPJMD cukup baik, seperti pada indikatornya dimana 53 persen sangat tinggi, kemudian sekitar 20 persen sedang dan masih ada sekitar 20 persen lagi yang masih rendah dan itulah yang nantinya kita akan perbaiki di RPJMD berikutnya. 


"Ada beberapa indikator yang belum tercapai. Hal itu dikarenakan data dari OPD masih ada beberapa yang memasukan dalam indikator namun untuk menilai data itu tidak bisa," jelasnya. 


Hal itu juga yang nantinya kedepan akan diperhatikan untuk setiap indikator yang dimasukan dari masing-masing OPD harus gampang sehingga bisa diukur setiap tahunnya. (Hdl/SP)

Kategori:
Bagikan