Pengolahan Ikan di Mimika Memiliki Potensi Jual

Selasa, 02 Jul 2019 19:30 WIT
FOTO BERSAMA - Pemateri dan peserta Bimtek pengolahan dan pemasaran produk olahan hasil perikanan. (Foto: Hadija/SP)

TIMIKA | Papua, khususnya Mimika memiliki potensi perikanan yang sangat menjanjikan untuk usaha. Masyarakat Indonesia yang cenderung konsumtif, maka perlu dilakukan terobosan dalam pengolahan.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Mimika, Papua, I Nyoman Putu Arka yang mewakili Bupati Mimika Eltinus Omaleng dalam kegiatan Bimtek Pengelohan dan Pengemasan Produk Hasil Perikanan mengatakan,  olahan hasil laut memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

"Selama ini hasil laut yang ditangkap dan dijual nelayan baru berupa bahan mentah seperti udang, cumi, ikan segar dan ikan asap belum dalam bentuk olahan seperti nugget abon dan bakso," kata Nyoman, Selasa (2/7).

Kedepan kata dia, sudah menjadi tugas pemerintah untuk melakukan pembinaan dan peningkatan kemampuan kepada nelayan dalam meningkatkan nilai jual, karena hingga kini potensi perikanan di Kabupaten Mimika belum diolah secara maksimal.

Untuk itu, melalui Bimtek ini diharapkan agar para pelaku usaha pengolahan hasil perikanan dapat bangkit dan menciptakan produk dan berdaya saing tinggi  guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para nelayan. 

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Mimika Leentce AA Siwabessy dalam sambutannya mengatakan, Bimtek dilakukan atas kerjasama Kementrian Kelautan dan Perikanan RI. 

"Dengan tujuan bagaimana mempersiapkan pengolah-pengolah kita supaya nantinya bisa memasarkan produk olahannya untuk menyambut PON 2020," jelasnya

Kasubid Produksi Kementrian Kelautan dan Perikanan RI Prayudi Budi Utomo mengatakan, Mimika merupakan salah satu dari 12 lokasi yang ditentukan oleh Kementrian RI untuk menyediakan fasilitas pengolahan ikan.

"Mimika merupakan salah satu wajahnya keberhasilan kementerian perikanan dan kelautan RI," tambahnya.(Hdl/SP)

Kategori:
Bagikan