RSUD Agats Lulus Akreditasi

Selasa, 02 Jul 2019 22:13 WIT
Ketua Akreditasi pada Rumah Sakit Umum Daerah Agats dr. Johanes Octan Daniel. (Foto: Humas Asmat/SP)

ASMAT | Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Agats, Kabupaten Asmat dinyatakan lulus akreditasi setelah Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Indonesia melakukan penilaian dan kajian terhadap rumah sakit tersebut.

Ketua Akreditasi pada Rumah Sakit Umum Daerah Agats dr. Johanes Octan Daniel ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (2/7), membenarkan hal tersebut.

Daniel mengatakan KARS Indonesia telah merilis hasil akreditasi RSUD Agats dengan perolehan nilai bintang empat atau peringkat utama.

“Setelah melalui proses panjang akhirnya kami mendapat nilai bintang empat atau peringkat utama,” kata Daniel.

Ia menjelaskan bahwa, pemberian akreditasi setelah tim surveior KARS melakukan kajian selama empat hari terhadap kelaikan RSUD Agats.

“Kami melaporkan ada 15 program kerja yang terdiri atas bidang manajemen, medis dan keperawatan. Dari 15 program, 14 yang diterima dengan nilai di atas 80,” katanya.

KARS, katanya, merekomendasikan rumah sakit daerah tersebut untuk memperbaiki satu program kerja yang belum mencapai nilai di atas 80, yakni program nasional bidang medis.

“Terkait akreditasi ini kami ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, terutama tim yang begitu solid sehingga bisa memperoleh hasil yang memuaskan,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa setelah memperoleh akreditasi, pihaknya akan berjuang untuk meningkatkan status rumah sakit tersebut menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

“Dengan meningkatkan status maka pelayanan kesehatan masyarakat akan lebih dimaksimalkan lagi. Akreditasi menjadi pintu masuk bagi RSUD Agats untuk naik level, dari kelas D ke C,” tandasnya. (NT/SP)

Kategori:
Bagikan