TNI AL Bangun Dermaga Komando Armada III di Sorong

Rabu, 03 Jul 2019 15:54 WIT
Peletakan batu pertama pembangunan Dermaga Komando Armada III Sorong. (Foto: Antara/HO/Istimewa)

SORONG | Guna meningkatkan kekuatan dan kemampuan pertahanan laut nusantara, TNI Angkatan Laut membangun sejumlah fasilitas di Sorong, Papua Barat. Salah satunya adalah pembangunan Dermaga Komando Armada III Sorong. 


Asisten Logistik Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Muda Moelyanto, Selasa (2/7) meletakkan batu pertama tanda dimulainya pembangunan. 


Dalam acara peletakan batu pertama tersebut, Asisten Logistik Kepala Staf TNI Angkatan Laut Moelyanto didampingi Panglima Komando Armada III Laksamana Muda ING Ariawan bersama prajurit TNI AL Sorong.


Asisten Logistik Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Muda Moelyanto mengatakan, pembangunan dermaga disertai Mako Koarmada III dan rumah jabatan serta Mess Pamen Koarmada di Katapop Sorong.


Ia berharap kepada semua perusahaan yang terlibat dalam pembangunan tersebut, agar mengutamakan kualitas dan tepat waktu.


Diharapkan pula kepada Panglima Komando Armada III senantiasa mencermati dan mendukung secara total proses pembangunan sarana tersebut yang sedang berlangsung.


Panglima Komando Armada III Laksamana Muda ING Ariawan yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan bahwa dermaga merupakan tempat untuk berlabuh kapal serta melaksanakan aktivitas mulai dari lepas sandar, pengisian bahan bakar dan air tawar.


Selain itu, bongkar muat material serta naik turun orang dari kapal ke dermaga atau sebaliknya demi kelancaran operasi pengamanan teritorial di Papua Barat.


"Bagi TNI Angkatan Laut dermaga merupakan tempat yang sangat strategis untuk mendukung kegiatan operasi kapal perang di perairan, utamanya untuk fasilitas sandar dalam menyiapkan kondisi teknis material maupun personel sebelum melaksanakan kehadiran di laut sesuai tugas pokoknya," ujarnya. (Antara/Batt/SP)

Kategori:
Bagikan