Kaum Perempuan Diharapkan Ikut Sukseskan PON XX

Kamis, 04 Jul 2019 20:31 WIT
Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB Provinsi Papua, Anike Rawar. (Foto: Hadija/SP)

TIMIKA | Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB Provinsi Papua, Anike Rawar mengatakan,  kaum perempuan di tanah Papua khususnya daerah yang menjadi penyelenggara siap menyukseskan khususnya Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX tahun 2020.


"Dari segi perspektif genjer bagi kaum perempuan untuk seluruh organisasi, saya akan bertemu dengan mereka dalam waktu dekat melibatkan wanita muslim, wanita gereja, wanita bakti aksen dan semua organisasi perempuan dan tokoh perempuan yang ada di Papua khususnya di Mimika," ungkap Anike saat ditemui dikediaman rumah Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, SP 3, Kamis (4/7). 


Kata dia, pertemuan tersebut untuk membahas terkait kesiapan kaum perempuan dalam menyambut PON nanti. Mereka harus menyiapkan noken untuk para atlet, penonton, maupun keluarganya karena nantinya akan menjadi cendra mata yang di dalamnya itu berisikan coklat khas Papua, Sagu dan Kopi Papua. 


Ia menambahkan, untuk oleh-oleh dan semua bahan lokal yang di butuhkan saat PON nanti akan dibeli dari penjual atau pedagang yang ada di Mimika. 


"Itu sudah menjadi perintah langsung dari Gubernur Papua, untuk membantu perekonomian masyarakat di Mimika jika tidak tersedia di Mimika baru akan didatangkan dari luar Mimika," jelasnya. 


Lanjut Anike ada empat jenis prestasi yang harus di capai dalam PON mendatang diantara, sukses administrasi, sukses prestasi, sukses ekonomi dan sukses penyelenggaraan. 


"Moment ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh kaum perempuan untuk meningkatkan ekonominya. Jadi untuk semua petani, peternak ayam sampai pengrajin kue dan lain sebagainya saat ini sudah harus mulai mempersiapkan segala sesuatunya yang akan dijual di PON nanti," jelasnya. 


Anike berharap Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB Kabupaten Mimika bisa merancang dan melihat isu-isu strategis terkait PON tahun 2020 mendatang untuk bisa dimasukan kedalam program. (Hdl/SP)

Kategori:
Bagikan