Temui 224 Pendamping Desa, Ini Harapan Bupati Asmat

Temui 224 Pendamping Desa, Ini Harapan Bupati Asmat
ARAHAN - Bupati Asmat Elisa Kambu memberikan arahan kepada 224 pendamping desa. (Foto: Humas Asmat/SP)

ASMAT | Bupati Asmat, Elisa Kambu S.Sos melakukan pertemuan dengan 224 pendamping desa (kampung) yang direkrut Pemerintah Kabupaten Asmat dalam tahun anggaran 2019. 

Tatap muka yang berlangsung di Aula Ja Asamanam Apcamar, Agats, Jumat (5/7), dalam rangka memberikan pengarahan kepada pendamping agar lebih meningkatkan kinerjanya.

Bupati Elisa Kambu mengatakan bahwa dana desa di kabupaten itu bersumber dari APBN dan APBD Kabupaten Asmat. Dalam beberapa tahun terakhir program dana desa memberikan dampak yang cukup signifikan, terutama pada aspek infrastruktur di 23 distrik dan 224 kampung.

Namun, kata bupati, dana desa tidak hanya diperuntukkan bagi pembangunan infrastruktur. Program itu juga mendorong peningkatan ekonomi, sumber daya manusia melalui pendidikan, kesehatan dan sektor lainnya.

“Ada banyak sektor yang harus dibangun, termasuk SDM masyarakat. Sudah saatnya kita membangun SDM supaya warga Asmat bisa bersaing seperti masyarakat di daerah lain,” kata Elisa.

Orang nomor satu di Asmat itu mengharapkan agar pendamping desa yang direkrut Pemerintah Kabupaten Asmat berpartisipasi membangun sumber daya manusia (SDM) masyarakat di kampung-kampung.

“Dalam mendampingi pengelolaan dana desa 2019 ini, pendamping lokal harus turut mendorong pembangunan sumber daya manusia di kampung-kampung,” tuturnya.

Ia juga mengharapkan agar pengelolaan dana harus sesuai dengan aspirasi masyarakat yang disampaikan dalam musyawarah perencanaan pembangunan kampung serta memperhatikan petunjuk teknis pelaksanaannya.

“Kalau permintaan warga untuk membangun jembatan, rumah, penerangan atau untuk anak-anak sekolah, ya harus sesuai aspirasi itu. Tapi juga harus mengacu pada petunjuk teknis,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Elisa menambahkan bahwa selama kepemimpinan bersama Wakil Bupati Thomas Eppe Safanpo, pihaknya memprioritaskan pembangunan infrastruktur, pendidikan, ekonomi, kesehatan dan sosial budaya.

“Ini sesuai dengan visi Pemkab Asmat yakni terwujudnya masyarakat Asmat yang maju, sejahtera dan bermartabat,” tandasnya. (NT/SP)

Tanggapi Berita ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.