Ini Infrastruktur yang Dibangun Pemkab Mimika Sambut PON 2020

Ini Infrastruktur yang Dibangun Pemkab Mimika Sambut PON 2020
VENUE PON - Wakil Ketua KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno didampingi Sekda Mimika Marthen saat meninjau kesiapan venue olahraga di Mimika, Jumat (28/6) lalu. (Foto: Sevianto/SP)

TIMIKA | Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Mimika, Provinsi Papua membenahi sejumlah infrastruktur seperti ruas jalan dan fasilitas umum untuk menyambut penyelenggaraan PON XX Papua tahun 2020 mendatang.

Kepala Dinas PU Mimika, Robert Dominggus Mayaut mengatakan sejumlah ruas jalan yang dikerjakan tahun ini diantaranya pelebaran Jalan Cenderawasih mulai dari depan Kantor Keuskupan Timika hingga depan Tempat Pemakaman Umum (TPU) SP2.

Jalan Cenderawasih akan dibuat dua jalur hingga di simpang SP2-SP5, lalu di tengahnya terdapat median jalan, kemudian trotoar dan drainase sisi kiri kanan menggunakan box calver.

“Juga lengkap dengan lampu jalan dan penanaman 3.000 bunga bougenville. Sementara dari simpang SP2-SP5 hingga depan lokasi TPU SP2 akan diperlebar kiri dan kanan dan dibuatkan japat," kata Robert di Timika, Senin (8/7). 

 

Baca Juga:  Ini Hasil Peninjauan Venue PON oleh KONI Pusat di Mimika

 

Ruas jalan lain yang akan dibenahi yaitu SP2-SP5 menjadi dua jalur hingga depan bekas Kantor Bupati Mimika, pembuatan bundaran di depan Kantor PT Petrosea dan pembangunan jalan Simpang Petrosea-Bandara Mozes Kilangin Timika sisi selatan.

Robert mengatakan, pembangunan akses jalan-jalan utama menuju ke venue utama Mimika Sport Complex (MSC) SP2 Timika itu telah dianggarkan dalam APBD Mimika 2019.

Adapun beberapa fasilitas dan infrastruktur lain rencananya akan dianggarkan dalam APBD Perubahan Mimika 2019 seperti venue Panjat Tebing, perbaikan akses jalan dan median jalan di MSC, pembuatan jalan menuju venue Futsal SP2 serta perbaikan jalan masuk menuju RSMM yang bersebelahan dengan lokasi MSC.

Fasilitas lain yang juga harus segera diperbaiki yaitu Stadion Sepak Bola Wania Imipi SP1 yang akan digunakan untuk menggelar babak penyisihan cabang olahraga sepak bola PON 2020.

Untuk menunjang perbaikan stadion tersebut, Dinas PU Mimika membutuhkan dana sekitar Rp8 miliar yang dianggarkan melalui APBD Perubahan Mimika 2019. 

Wakil Ketua KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno selaku Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasra) PON XX Papua saat meninjau kesiapan sejumlah venue di Timika baru-baru ini mengatakan, terdapat sembilan cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Timika saat PON XX pada 20 Oktober – 2 November 2020.

Sembilan cabor tersebut meliputi golf, atletik, bola tangan, judo, futsal, panjat tebing, tenis meja dan yang masih harus dikoordinasikan kembali antara Gubernur Papua dengan Bupati Mimika yaitu cabor biliar.

Adapun jumlah keseluruhan cabor yang akan dipertandingkan pada PON XX di Provinsi Papua sebanyak 47 cabor.

Selain Timika, kota-kota penyelenggara PON 2020 di Provinsi Papua yaitu Kota/Kabupaten Jayapura, Biak, Merauke dan Wamena Kabupaten Jayawijaya. (Antara/SP)

 

Sumber: Antara

Editor: Sevianto

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *