75 Persen Mahasiswa Mimika Terima Bantuan Dobel dari Pemda dan YPMAK

RAPAT | Rapat antara Pemda Mimika bersama YPMAK. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
RAPAT | Rapat antara Pemda Mimika bersama YPMAK. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika melakukan rapat bersama Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) untuk rekonsiliasi data mahasiswa penerima bantuan beasiswa.

Rekonsiliasi dilakukan di ruang rapat Lantai 3 Kantor Bupati Mimika, Kamis (26/8/2021) oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika Michael Gomar, jajaran OPD terkait seperti Administrasi Sumber Daya Manusia (SDM), Bappeda, BPKAD, Inspektorat, Hukum, juga dari pihak YPMAK yakni Kepala Divisi Pendidikan, Fransiskus Wanmang.

Usai rapat, Sekda Mimika kepada wartawan menjelaskan pihaknya sudah mendapatkan laporan berdasarkan sinkron data mahasiswa antara Pemda dan YPMAK.

Ternyata ada 75 persen data mahasiswa menerima bantuan dobel. Ada yang sudah mendapatkan bantuan dari YPMAK juga mendapat bantuan dari Pemda Mimika.

“75 persen ini tentunya yang selama ini kita berikan kepada mahasiswa penerima bantuan kemudian mereka dapatkan juga beasiswa dari YPMAK, terjadi tumpang tindih dan kami akan melakukan penyesuaian data kembali bersama YPMAK ,” kata Gomar.

75 persen tersebut akan menjadi tanggungjawab YPMAK sementara 25 persen akan menjadi tanggungjawab Pemda.

25 persen juga akan dilihat kembali apakah 25 persen tersebut murni hanya mendapatkan bantuan dari Pemda Mimika atau juga mendapatkan bantuan dari kabupaten lain.

“Kami juga akan menyesuaikan data mahasiswa yang 25 persen ini penerima bantuan pendidikan, sudah berapa lama melaksanakan perkuliahan dalam jenjang pendidikan baik itu D3, S1 atau S2,” ujarnya.

Selanjutnya data yang sudah disinkronkan akan kembali disepakati apakah bantuan pendidikan akan berlanjut terus di tahun depan atau untuk sementara di pending dulu dalam rangka penyesuaian data.

Selain itu, akan dilakukan pengecekan data 203 Kampus yang ditempati oleh 938 mahasiswa apakah kampus-kampus tersebut memiliki standar, kualitas pendidikan yang baik atau tidak.

“Nanti akan ada assessment terhadap kampus-kampus tersebut. Tim akan lihat dan koordinasi dengan YPMAK kampus kampus mana yang sudah menjalin kerjasama dengan YPMAK tetapi tentunya kampus yang bermutu dan memiliki standar pendidikan yang baik yang nantinya menjadi rekomendasi dari pemda Mimika untuk menjalin kerjasama dengan kampus kampus tersebut,” ujarnya.

Saat ini Pemda Mimika sedang menjalin kerjasama dengan tiga kampus yakni STIPAN, Universitas California dan Flying School selain dari tiga kampus tersebut adalah hanya bantuan pendidikan.

Berikutnya adalah Pemda Mimika akan menuangkan semua dalam sebuah regulasi menjadi Peraturan Bupati.

reporter : Kristin Rejang
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.