Meski Diguyur Hujan, Upacara HUT Bhayangkara ke-73 di Mimika Berjalan Lancar

Rabu, 10 Jul 2019 14:38 WIT
PERIKSA PASUKAN - Dandim 1710 dan Kapolres Mimika saat melakukan pemeriksaan pasukan. (Foto:Muji/SP)

TIMIKA | Pelaksanaan upacara dalam rangka HUT Bhayangkara ke-73 di Mimika, Papua, diwarnai dengan guyuran hujan. Menariknya, kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Timika Indah, Rabu (10/7) itu dipimpin Komandan Kodim (Dandim) 1710 Mimika, Letkol Inf Pio L Nainggolan yang bertindak sebagai inspektur upacara.


Dandim 1710 Mimika berdiri berdampingan dengan Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto dalam satu podium. 


Di kesempatan upacara HUT Bhayangkara ke 73 juga disematkan penghargaan Satya Lencana Bhayangkara Bintang Naraya kepada lima personil Polri, yakni AKBP Naomi Giyai (Perwira Menengah Polres Mimika), AKP Sudirman (Kasat Intelkam Polres Mimika), Iptu I Ketut Agus Sutama (Kasat Pam Obvit Polres Mimika),  Iptu I Made Kumpul (Kapolsek Agimuga), dan Ipda M Sawal (Wakapolsek Tembagapura) Kompol Mursaling (Kepala BNNK Mimika), dan Brigadir Polres Mimika Yulius Rabai.


Serta diberikan penghargaan kepada anggota yang bertugas di Distrik Alama, pada saat Pemilu 2019 lalu. Juga kepada masyarakat yang berperan dalam memberikan informasi kepada pihak Kepolisian.


Upacara HUT Bhayangkara ini juga diisi dengan berbagai pertunjukan, mulai koloni senjata oleh Polwan Polres Mimika dan Polwan Brimob Polda Kalteng, Polisi Kecil (Polcil), tarian Papua, pemotongan tumpeng, dan panggung hiburan.

 

alt text

MAKAN TUMPENG - Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto saat memberikan potongan tumpeng kepada anggota Polisi termuda di Polres Mimika. (Foto:Muji/SP)


Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto mengatakan, sesuai dengan tema di HUT Bhayangkara ke 73 dengan semangat pengabdian kepada masyarakat dan negara, maka momen ini dijadikan wadah dan bahan, serta kesempatan untuk introspeksi diri.


Ini karena, masih banyak yang harus dibenahi, terutama dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.


"Yang tidak kalah pentingnya adalah mengembangkan hubungan lintas sektor yang lebih solid lagi, baik dengan TNI, pemerintah daerah, dan stakeholder lainnya," kata Kapolres.


Kata dia, untuk meningkatkan profesionalitas anggota Polres Mimika, pihaknya selalu melaksanakan kegiatan yang berupa evaluasi secara berkala, baik triwulan maupun semesteran. 


Dimana pada semester pertama ada peningkatan jumlah kriminal yang terjadi di Mimika. Namun demikian, hal itu disertai penyelesaian perkara dengan baik. Dan itu bisa dinilai sebagai sebuah prestasi.


"Selain itu juga, kami sudah melaksanakan agenda kamtibmas, baik daerah maupun nasional. Seperti Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 dengan aman. Dan ini semua merupakan pencapaian yang luar biasa," tuturnya.


"Dari itu semua, maka momen peringatan HUT Bhayangkara ke 73 ini tidak hanya seremonial saja. Tapi sebagai wadah untuk terus melakukan hal yang terbaik," ungkapnya. (mkr/SP)

 

Reporter: Mujiono

Editor: Batt

 

 

Kategori:
Bagikan