Gelar 'Tax Goes To Mall', Bappenda Mimika Target PBB-P2 Tahun 2019 Tercapai

Rabu, 10 Jul 2019 20:45 WIT
BAYAR PAJAK - Sejumlah wajib pajak membayar PBB-P2 dalam program Tax Goes To Mall di Diana Shopping Center. (Foto: Yunita/SP)

TIMIKA | Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Mimika, Papua menggelar Tax Goes to Mall di salah satu pusat perbelanjaan terkemuka di wilayah itu. 

Tax Goes to Mall merupakan cara baru yang dilakukan Bappenda untuk memudahkan wajib pajak membayar pajak, seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). 

Sejumlah pengusaha mengawali pembayaran PBB seperti Direktur utama Diana Shopping Center, Steven Tan. Ia membayar PBB sebesar Rp.75 juta dari beberapa lokasi bangunan miliknya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, Wajib Pajak dapat membayar pajak dengan tepat waktu guna mendukung jalannya roda pembangunan di Kabupaten.

Sementara itu, Kepala Bappenda Kabupaten Mimika, Dwi Cholifa menuturkan kegiatan ini dimaksudkan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai apa itu Pajak Bumi dan Bangunan, Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2), karena masih banyak masyarakat yang belum paham terkait hal itu. 

"PBB itu sendiri baru saja diberlakukan sejak tahun 2013, nah kegiatan hari ini, salah satu upaya menjemput bola dalam pemberian edukasi dan pelayanan secara langsung kepada masyarakat" ujarnya.

"Target kami tahun ini dari PBB-P2 itu Rp41 miliar. Baru tercapai dikisaran 64 persen atau sekitar Rp26 miliar.  Sisanya kami yakin akan tercapai dibulan desember nanti" tambahnya.

Lanjut Dwi, kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari kedepan, dibuka mulai pukul 10.00 WIT sampai pukul 20.00 WIT.

"Konsentrasi saat ini yang akan dikejar Bappenda adalah di wilayah perkotaan, dan akan berlanjut ke kampung distrik, rencananya ada 3 spot yang akan jadi sasaran kedepannya yaitu Distrik Iwaka meliputi SP5, SP6, dan SP9, Distrik Wania meliputi, Kadun Jaya, SP1 dan SP4. Terakhir di wilayah Distrik
Mimika Timur," tutupnya.

Sementara itu Pemimpin Departemen Pendukung Operasional Bank Papua Cabang Timika, Dadang Supriwanto yang ikut memantau kegiatan tersebut juga menyampaikan keikutsertaan Bank Papua dalam kegiatan tersebut.

Ia mengungkapkan, Bank Papua melakukan pelayanan secara online untuk memudahkan masyarakat melakukan pembayaran pajak khususnya hari ini sebagai bentuk partisipasi, dan juga untuk meningkatkan inovasi-inovasi baru bagi Bank Papua.

"Bank Papua hadir disini sebagai bentuk partisipasi dan memudahkan masyarakat agar dapat membayar pajak tepat pada waktunya," ujarnya. (Cr-03/SP)

 

Reporter: Yunita Simon

Editor: Batt

 

 

Kategori:
Bagikan