Dinkes Mimika Minta Kapus dan Tenaga Promosi Kesehatan Sosialisasi Hidup Sehat Kepada Masyarakat

Kamis, 11 Jul 2019 22:04 WIT
SOSIALISASI - Dinkes Mimika Gelar kegiatan Orientasi Peningkatan Kapasitas Petugas Promosi Kesehatan se-Mimika. (Foto: Yunita/SP)

TIMIKA | Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua menggelar kegiatan Orientasi Peningkatan Kapasitas Petugas Promosi Kesehatan se-Kabupaten Mimika, di Hotel Serayu, Kamis (11/7). 

Kegiatan tersebut dibuka Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Alfred Douw dan dihadiri 23 Kepala Puskesmas dan 23 Tenaga Promosi Kesehatan setempat. 

Dalam arahannya, Alfret berpesan Kepala Puskesmas dan Tenaga Promosi Kesehatan dapat mengatur waktunya memberikan informasi kepada masyarakat mengenai penyakit-penyakit dan cara hidup yang sehat, juga menunjukkan kinerja yang baik dengan selalu ada di kantor.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana kegiatan, Marselino Mameyao menyampaikan faktor perilaku dan lingkungan mempunyai peran sangat dominan dalam peningkatan kualitas kesehatan, hal-hal tersebut merupakan bidang garapan promosi kesehatan.

Promosi kesehatan adalah proses pemberdayaan masyarakat agar dapat memelihara dan meningkatkan kesehatannya.

"Gambaran pelaksanaan program promosi kesehatan secara garis besar adalah promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatannya, mencarikan solusi serta menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat sehingga derajat kesehatannya semakin meningkat," Jelasnya. 

Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Sem Kaiwai memaparkan beberapa indikator yang akan menjadi diskusi dalam kegiatan tersebut. 

"Ujung tombak dari semuanya itu ada di Puskesmas, melalui kegiatan ini kami memberikan penguatan-penguatan kepada-kepala Puskesmas dan Tenaga Promosi Kesehatan untuk dapat menyampaikan penyakit-penyakit terkini kepada masyarakat," lanjutnya.

"Jika kegiatan ini usai, kami berharap sekiranya Kepala Puskesmasbersama Tenaga Promosi Kesehatan yang hadir dapat mengaplikasikan apa yang telah diperoleh hari ini, di tempat kerja masing-masing," tutupnya. (Cr-03/SP)

 

Reporter: Yunita Simon

Editor: Batt

Kategori:
Bagikan