Dinkes Target Mimika Bebas Penyakit Frambusia Tahun 2020

Kamis, 11 Jul 2019 22:33 WIT
Pengelola Pengembangan Frambusia Kabupaten Mimika, Deki Ogitai (Foto: Yunita/SP)

TIMIKA | Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua menargetkan pada tahun 2020, Mimika bebas dari Penyakit Frambusia.  

Penyakit Frambusia adalah penyakit infeksi bakteri kronis yang memengaruhi kulit, tulang dan tulang rawan.

Penyakit ini paling sering memengaruhi anak-anak di daerah tropis Afrika, Asia, dan Amerika Latin. Frambusia menyebar melalui kontak langsung dengan kulit orang yang terinfeksi.

Baca Juga: Dinkes Mimika Minta Kapus dan Tenaga Promosi Kesehatan Sosialisasi Hidup Sehat Kepada Masyarakat

​​​​Pengelola Pengembangan Frambusia Kabupaten Mimika, Deki Ogitai mengatakan, anak-anak dengan rentang usia 1 hingga 5 tahun paling sering terserang penyakit ini. 

"Kasus di tahun 2018 ditemukan 24 pasien, dan ditahun 2019 menurun menjadi satu pasien" ujar Demi saat ditemui dalam kegiatan evaluasi penyakit Frambusia dengan kepala - kepala Puskesmas se-Mimika di Hotel Serayu, Kamis (11/7). 

"Dengan adanya kegiatan seperti ini, kita dapat memantau perkembangan data dari kasus Frambusia yang ada di kabupaten ini, dan targetnya tahun 2020 harus bebas dari penyakit Frambusia untuk mendapatkan sertifikat bebas Frambusia" tambahnya.

Deki juga menyarankan, agar dapat terhindar dari penyakit tersebut kita harus menjaga kesehatan dan faktor paling utama menjaga lingkungan bersih. (Cr-03/SP)

 

Reporter: Yunita Simon

Editor: Batt

 

 

Kategori:
Bagikan