Warga Asmat Diminta Manfaatkan Program 1000 HPK

Kamis, 11 Jul 2019 23:09 WIT
BERTEMU - Bupati Asmat Elisa Kambu menemui warga Kampung Basim. (Foto: Humas Asmat/SP)

ASMAT | Warga Asmat, Papua, diminta untuk memanfaatkan Program Seribu Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK), karena program pemberian makanan bergizi tersebut sangat baik untuk para ibu hamil dan anak-anak.

Hal tersebut disampaikan Bupati Asmat, Elisa Kambu kepada warga saat melakukan kunjungan kerja di Kampung Basim, Distrik Fayit, Kabupaten Asmat baru-baru ini. 

Bupati Elisa mengatakan Pemerintah Kabupaten Asmat terus mendorong pelaksanaan program Seribu HPK untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

“Kita melaksanakan program ini sejak 2017, di mana kita secara rutin memberi makan lima kali dalam seminggu. Program ini dilaksanakan melalui puskesmas-puskesmas yang ada,” katanya.

Orang nomor satu di Kabupaten Asmat itu menerangkan bahwa program seribu hari pertama kehidupan bukan sekedar kegiatan memberi makan bernilai gizi kepada para ibu hamil dan anak-anak.

Menurutnya, program tersebut mau mengedukasi masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat seperti membiasakan diri makan secara teratur dan makan makanan seimbang (nasi, sayur, ikan/daging dan buah). 

“Karenanya saya harapkan bapak ibu memanfaatkan program 1000 HPK dengan baik,” kata Elisa.

Dalam kesempatan itu, Bupati Elisa berharap kepada Dinas Kesehatan setempat agar pembangunan kesehatan dilaksanakan berdasar asas kemanusiaan, pemberdayaan dan kemandirian serta adil dan merata dengan mengutamakan aspek utamanya.

“Aspek utama itu menyangkut pelayanan kepada kelompok rentan di Asmat seperti ibu, bayi, anak, para lanjut usia dan keluarga tidak mampu. Saya juga berharap kerja sama dari seluruh elemen dalam pembangunan kesehatan di Tanah Asmat,” pungkasnya. (NT/SP)

 

Reporter: Eman

Editor: IPA

 

 

Kategori:
Bagikan