Dukcapil Asmat Targetkan 10.000 e-KTP di 2019

Kamis, 11 Jul 2019 23:53 WIT
Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Asmat, Marcelianus Belekubun. (Foto: Humas Asmat/SP)

ASMAT | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Asmat menargetkan pencetakan 10.000 keping Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) dalam tahun anggaran 2019.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Asmat, Marcelianus Belekubun mengatakan bahwa sejak Januari hingga Juni 2019, perekaman kartu tanda penduduk elektronik di Asmat sudah mencapai 75 persen. Sementara target yang ditetapkan sebanyak 10.000 keping.

“Kami terus melakukan perekaman sehingga target 10.000 KTP yang dicetak bisa tercapai dalam tahun ini. Dari 75 persen itu sebagian sudah dicetak,” kata Marcelianus pada Kamis (11/7).

Untuk mencapai target dimaksud, katanya, Dukcapil Kabupaten Asmat menurunkan staf ke sejumlah distrik dan kampung untuk melakukan perekaman secara massal. 

“Untuk tahun ini ada 11 distrik dan lima kampung yang kami jangkau. Jumlah distrik dan kampung ini sama seperti program tahun-tahun sebelumnya,” kata dia.

Selain melakukan perekaman, pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada warga tentang pentingnya dokumen kependudukan seperti kartu tanda penduduk, akta kelahiran, kartu keluarga dan dokumen lainnya.

“Warga sangat antusias mengikuti perekaman massal. Kesadaran warga untuk memiliki dokumen kependudukan semakin baik. Hal ini dipengaruhi dengan masuknya berbagai bantuan pemerintah. Salah satu syarat untuk menerima bantuan, adanya KTP dan KK,” ujarnya. 

Marcelianus menambahkan bahwa saat peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus nanti pihaknya akan membagikan KTP elektronik secara massal kepada warga di Agats, ibukota kabupaten itu.

“Kami juga telah bekerja sama dengan 23 distrik dan 224 kampung untuk pembagian e-KTP kepada warga yang sudah melakukan perekaman,” pungkasnya. 

Penulis: Eman
Editor: Ipa

 

 

Kategori:
Bagikan