seputarpapua.com

Dinas Koperasi Mimika akan Gelar Lomba Desain Noken

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Dinas Koperasi Mimika akan Gelar Lomba Desain Noken
Kadis Koperasi dan UKM Mimika Ida Wahyuni. (Foto: Hadijah/SP)

TIMIKA | Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Mimika akan menggelar lomba desain noken sebagai wujud melestarikan noken.

Lomba desain noken ini untuk merayakan HUT Koperasi ke-72, namun akan dilaksanakan bertepatan dengan HUT  Republik Indonesia ke-72.

Selain itu, lomba ini juga sebagai persiapan menyambut Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) dan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan berlangsung di Mimika tahun 2020.

"Lomba ini juga berkaitan dengan persiapan menyambut PON dan Pesparawi karena nanti ada maskot dan logo dan semuanya itu berhadiah," ungkap Ida saat diwawancarai di Timika, Jumat (12/7). 

Lomba desain noken diperuntukan untuk umum, sehingga siapa yang berdomisili di Mimika dapat mengikutinya. 

Menurut Ida, pihaknya menggelar lomba desain noken sebab noken nantinya sebagai salah satu oleh-oleh khas Mimika untuk diberikan kepada peserta maupun tamu undangan dalam perhelatan akbar Pesparawi dan PON. 

Selain itu, sebagai upaya dari dinas yang dipimpinnya untuk meletarikan noken, sehingga kantor Dinas Koperasi dan UKM berlantai dua yang baru dibangun di SP 3 akan disediakan satu show room untuk pemasaran noken. Hal ini berdasarkan surat perintah Bupati Mimika Eltinus Omaleng. 

"Jadi nanti untuk penyalurannya kita tetap data noken dari mama-mama Papua dalam bentuk katalog, dan koperasi-koperasi yang akan pajang, sehingga mereka tetap merajut nokennya dirumah, ketika prodak yang dibutuhkan tidak ada di tempat pemasaran pengunjung bisa melihatnya di katalog lalu nantinya Koperasi yang akan melakukan pemesanan," jelas Ida.

Upaya pelestarian noken dengan adanya show room khusus untuk noken disambut baik Wakil Bupati Mimika terpilih Johanes Rettob. 

Kata dia, adanya show room pemasaran noken agar masyarakat luar Mimika yang datang menyaksikan Pesparawi dan PON bisa membeli noken disatu tempat. 

"Titik awal yang baik untuk kita memajukan Kabupaten Mimika, serta masyarakat Mimika, karena nantinya juga akan di sentralisasi untuk Noken dan souvenir ini menjadi satu tempat sehingga jika masyarakat atau pendatang ke Mimika yang mau membeli mereka bisa langsung ke tempatnya," ungkapnya.

Penulis: Hadijah Laisouw
Editor: Aditra

 

Berita Terkait
Baca Juga