Dojo Polres Mimika Rebut Sembilan Medali Kejurnas Jiu-Jitsu

Dojo Polres Mimika Rebut Sembilan Medali Kejurnas Jiu-Jitsu
FOTO BERSAMA - Sembilan atlet Jiu-Jutsu dari Dojo Polres Mimika berhasil menyabet medali pada Kejuaraan Jiu-Jutsu Nasional Tingkat Dojo se-Indonesia. (Foto: Tim Jiujutsu/SP)

TIMIKA | Dojo Polres Mimika berhasil meraih sembilan medali pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Jiu- Jitsu antar Dojo se-Indonesia.

Kejurnas yang berlangsung di Universitas Muhammadiyah, Ponorogo, Jawa Timur berlangsung dari tanggal 12 hingga 14 Juli 2019, dan diikuti 268 atlet dari 39 Dojo se-Indonesia, termasuk Dojo Polres Mimika.

Dojo Polres Mimika pun berhasil meraih sembilan medali diantaranya dua emas, dua perak dan lima perunggu. 

Ketua Tim Dojo Jiu- Jitsu Polres Mimika, Iptu L Kordiali mengatakan, pihaknya mengirimkan 13 atlet untuk mengikuti Kejurnas ini. 

"Kami memberangkatkan 16 orang, tapi yang bertanding 13 atlit. Dimana para atlit ini mengikuti tiga kelas, yakni reguler, yunior, dan senior. Dengan kelas yang dipertandingkan adalah Fight System dan Newaza," kata Kordiali melalui sambungan telepon, Minggu (14/7).

Kata dia, dari 13 atlet yang mengikuti pertandingan, sembilan orang berhasil meraih medali, yakni untuk medali emas diperoleh oleh Syeni Osleki di  Kelas Amatir (Junior) C / 41-45 kg dan Sagita Aulia M. P pada Kelas  Amatir (Junior) D / 46-50 kg.

Sementara untuk medali perak diraih oleh John Pentury di  Kelas Reguler D/71 kg lebih dan  Yohanes Mansawan pada Kelas Reguler C/61-70 kg.

Sedangkan untuk perunggu diraih oleh Fransiskus Karubun di kelas Amatir (Senior) 51-55 kg, Fredy Karubun di Kelas Amatir (Senior) F/66 -70  kg, Yohanes T. Karubun di Kelas Amatir ( Junior) C / 46- 50 kg, Bayu Ilham di Kelas Reguler  C/61-70 kg, dan Nikolaus Rahayaan di Kelas Amatir (Senior)  G/71 kg+.

"Kami berucap syukur atas apa yang didapatkan oleh para atlet ini. Dan merupakan kebanggaan bagi kami, khususnya Polres Mimika," katanya.

Menurutnya, sebelum mengikuti Kejurnas ini, pihaknya sudah memberikan pembekalan kepada para atlet, yakni dengan melakukan latihan rutin selama kurang lebih 1,5 bulan yang dilatih oleh Aiptu Samuel. 

"Kami ucapkan terimakasih atas dukungan dari semua pihak, yang ikut mensukseskan keikutsertaan Dojo Polres Mimika dalam kejuaraan ini," ujarnya.

Setelah Kejurnas ini, pihaknya akan mempersiapkan untuk mengikuti event berikutnya. Khususnya dalam menghadapi seleksi PON 2020, dengan harapan atlet Dojo Polres Mimika bisa masuk dalam tim Papua nanti.

Untuk itu, Dojo Polres Mimika saat ini sedang melakukan uji tanding dengan atlet-atlet Jiu-Jutsu Ponorogo.

"Kita ketahui bersama bahwa Ponorogo merupakan gudang dari atlit Jiu-Jutsu. Ini terbukti, juara umum diraih oleh salah satu Dojo dari Ponorogo dengan sembilan emas," terangnya.

Ia menambahkan, dan untuk sekarang ini, atlet Jiu-Jutsu senior tengah dilatih oleh atlet MMA atas nama Masto di aula Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

"Kami berharap Jiu-Jutsu di Mimika bisa berkembang. Dan terus melakukan pembinaan terhadap generasi muda, mulai dari SD,SMP, dan SMA. Sehingga menjadi bibit atlit Jiujutsu di Papua, khususnya Mimika," ungkapnya.

Penulis: Muji
Editor: Aditra

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.