DLH Asmat Wacanakan Pemindahan TPS

DLH Asmat Wacanakan Pemindahan TPS

ASMAT | Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Asmat mewacanakan pemindahan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah dengan sejumlah intansi pemerintah dan warga Agats, Kabupaten Asmat.

Kepala DLH Kabupaten Asmat, Yuli Rasdi mengatakan bahwa TPS yang berlokasi di jalan Nusantara I Agats terlalu dekat dengan pemukiman warga. Keberadaan TPS itu dikhawatirkan berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat di sekitarnya.

Ia mengatakan wacana pemindahan lokasi tempat pembuangan sementara tersebut telah dibahas dengan sejumlah elemen terkait, termasuk masyarakat. Pembukaan lahan TPS baru dipastikan jauh dari pemukiman. 

“Kami sudah berkoordinasi dan membahas persoalan ini. Belum ditentukan lokasinya, tapi yang pasti jauh dari pusat kota. Akan ada pertemuan lagi untuk tahapan selanjutnya,” kata dia, Rabu (24/7).

Untuk menangani masalah sampah di Agats, kata Yuli, pihaknya menurunkan 75 orang petugas kebersihan yang terdiri dari penyapu, pengangkut sampah dan pengendara motor pengangkut sampah.

“Kami punya motor roda tiga sebanyak lima unit dan beberapa gerobak pengangkut. Kami juga punya 750 tong sampah dan 10 bak yang tersebar di Agats,” sebutnya.

Ia menjelaskan bahwa pemerintah telah menyediakan sarana prasarana untuk mengatasi persoalan sampah di Agats, sehingga diharapkan masyarakat lebih sadar dan tertib membuang sampah.

“Asmat ini kota di atas rawa. Kalau buang sampah sembarang tentu berdampak terhadap lingkungan dan kesehatan. Kami sudah lakukan sosialisasi, penyuluhan dan himbauan, hanya saja kesadaran masih rendah,” ujarnya.

Yuli menambahkan Kabupaten Asmat hingga kini belum memiliki tempat pembuangan akhir (TPA), karena keterbatasan lahan yang representatif.

“Kami sudah pernah bahas juga terkait TPA, tapi memang belum ada tempat yang cocok,” tandasnya. 

Penulis: Eman
Editor: Aditra

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.